Login here
Username

Password

Login as : or librarian

Forgotten password?
Welcome to BPPT library

BPPT library offers public and internal members during open hours. We also offers searching, photocopy, CD-Rom, online catalog, and hotspot service.

Contact us

Tanaman obat ..

Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat - Kementerian Pertanian

Title
:Tanaman obat
Author
:Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat - Kementerian Pertanian;

Abstract :

Kecenderungan masyarakat Indonesia beralih ke alam atau “Back to Nature” menjadi salah satu trend kebiasaan hidup kita sekarang ini khususnya untuk menjaga kesehatan tubuh agar tetap sehat. Penggunaan obat tradisional secara umum dinilai lebih aman dari pada penggunaan obat modern. Hal ini disebabkan karena obat tradisional memiliki efek samping yang relatif lebih sedikit dari pada obat modern. Tanaman obat di Indonesia terdiri dari beragam spesies yang kadang kala sulit untuk dibedakan satu dengan yang lain. Bangsa Indonesia telah lama mengenal dan menggunakan tanaman berkhasiat obat sebagai salah satu upaya dalam menanggulangi masalah kesehatan. Pengetahuan tentang tanaman berkhasiat obat berdasar pada pengalaman dan ketrampilan yang secara turun temurun telah diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Penggunaan bahan alam sebagai obat tradisional di Indonesia telah dilakukan oleh nenek moyang kita sejak berabad-abad yang lalu t Read more..

5 inovasi di tengah pandemi ..

Detik.com

Title
:5 inovasi di tengah pandemi
Author
:Detik.com;

Abstract :

Satgas Riset dan Inovasi Teknologi untuk Penanganan Covid-19 yang diorkesrtasi BPPT dalam tempo dua bulan mampu menghasilkan 5 inovasi alat kesehatan berkualitas tinggi. Read more..

Transformasi digital BPPT ..

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi

Title
:Transformasi digital BPPT
Author
:Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi;

Abstract :

Transformasi digital BPPT: Modul aplikasi BMN plus Knowledge Management System Aplikasi sistem merit Aplikasi SIDUPER Aplikasi DILAN 5.0 Aplikasi transformer Read more..

Faktor Risiko Stunting pada an ..

Indah Budiastutik

Title
:Faktor Risiko Stunting pada anak di Negara Berkembang
Author
:Indah Budiastutik;

Abstract :

Read more..

Survei pemetaan bawah laut unt ..

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi

Title
:Survei pemetaan bawah laut untuk pemasangan kabel optik
Author
:Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi;

Abstract :

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melalui Balai Teknologi Survei Teknologi Kelautan (Teksurla) bekerjasama dengan PT. Infrastruktur Telkom Indonesia (Telkom Infra) lakukan survei pemetaan bawah laut untuk perencanaan pemasangan kabel optik Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) Luwuk-Morowali-Kendari. Survei pemetaan bawah laut untuk perencanaan pemasangan kabel optik SKKL Luwuk-Morowali-Kendari (LUMORI) dilaksanakan pada 21 Juni hingga 13 Juli 2020.Survei ini merupakan pemetaan bawah permukaan air melalui pendekatan survei hidrografi, geofisika dan geologi. Pemetaan ini diperlukan sebagai dasar dalam desain pemasangan kabel. Guna mendukung survei tersebut, maka BPPT menyiapkan KR Baruna Jaya IV yang dilengkapi dengan peralatan survei canggih seperti Multibeam Echosounder, CTD Profiler (SVP), Side Scan Sonar, Sub Buttom Profiler, Magnetometer, USBL, Winch portable, box coring, navigasi dan sistem akuisisi serta processing. Read more..

Pengembangan enzim penicilin g ..

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi

Title
:Pengembangan enzim penicilin g acylase untuk produksi antibiotik dalam negeri
Author
:Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi;

Abstract :

Saat ini pandemi COVID-19 sedang merebak di seluruh dunia dan Indonesia pun tak luput dari paparan maupun dampak dahsyatnya. Dampak dari terpaparnya wabah COVID-19 adalah menurunnya sistem imun tubuh, kondisi ini tentunya dapat memicu tumbuh kembangnya mikroba patogen oportunis yang ada dalam tubuh, sejauh ini cara yang paling efektif untuk mengatasi perkembangan mikroba patogen adalah dengan perlakuan antibiotik. Dengan terus meningkatnya kasus posisitf COVID-19 tentu menyebabkan semakin meningkatnya kebutuhan antibiotik. Hal ini memicu pertambahan kebutuhan akan Bahan Baku Obat (BBO) untuk produksi antibiotik, dan ternyata sampai saat ini Indonesia sangat bergantung pada impor Bahan Baku Obat (BBO). Masalah saat ini 90-96% Bahan Baku Obat (BBO) diperoleh dari hasil impor salah satunya untuk produksi antibiotik. Adanya pandemic Covid-19 juga menghambat distribusi BBO dari luar negeri. Karena itu BPPT melalui Pusat Teknologi Bioindustri mengembangkan enz Read more..

BIOPEAT BPPT ..

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi

Title
:BIOPEAT BPPT
Author
:Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi;

Abstract :

Mendengar tanah gambut yang terlintas di pikiran kita adalah tanah dengan kandungan organik yang tinggi namun ber-pH masam, sehingga sulit bagi tanaman menyerap unsur hara yang ada di tanah dan kurang cocok untuk ditanami tanaman apapun. Pemulihan lahan gambut dengan rewetting, revegetation, dan revitalization tentu tidak dapat berjalan begitu saja. Diperlukan langkah-langkah dan inovasi teknologi yang tepat untuk sampai pada kondisi lahan gambut menjadi layak tanam. Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) merancang produk melalui rekayasa bioteknologi menggunakan mikroorganisme lokal (indigenous) berupa mikroba untuk meningkatkan produktivitas lahan gambut melalui peningkatan pH tanah.BioPeat terbukti mampu meningkatkan produktivitas tanaman jagung sebesar 45%, buah Nanas grade A sebesar 30%, dan meningkatkan kadar kemanisan buah naga hingga mencapai rata-rata brix 15%, cukup jauh diatas nilai brix buah Naga di pasaran yang hanya mencapai Read more..

Ekosistem inovasi teknologi un ..

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi

Title
:Ekosistem inovasi teknologi untuk testing dan alkes COVID-19
Author
:Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi;

Abstract :

Di tengah pandemi Covid-19, para peneliti terpacu untuk mengembangkan alat guna membantu serta mencegah penyebarannya. Ada banyak penelitian yang dilakukan baik oleh lembaga, perguruan tinggi, hingga swasta. Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) bersama Task Force Riset dan Inovasi Teknologi untuk Penanganan Covid-19 (TFRIC19) terus berupaya membangun sistem inovasi teknologi yang ditujukan untuk mengatasi seluruh masalah yang multidimensional serta diperlukan peningkatan kemampuan untuk melakukan testing secara mandiri. Wabah ini betul-betul membangunkan kita, karena ini merupakan kejadian yang luar biasa tidak hanya di Indonesia tetapi juga global. Negara yang dianggap super power juga mengalami tekanan yang besar, kata Kepala BPPT Hammam Riza di acara webinar yang digelar Ikatan Alumni ITB (IA ITB) dengn tema Inovasi Anak Bangsa dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 (28/05). Dikatakan Hammam, dalam mengatasi pandemi, tindakan pencegahan terukur Read more..

Pemanfaatan tanaman obat dimas ..

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi

Title
:Pemanfaatan tanaman obat dimasa pandemi COVID-19
Author
:Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi;

Abstract :

Pandemi Covid-19 telah menyadarkan semua akan perlunya kesiapan nasional dalam menghadapi wabah penyakit menular. Pada fase awal pandemi bulan Maret, bagaimana sulitnya mendapatkan alat pelindung diri, sulitnya mendapatkan reagen untuk test Polymerase Chain Reaction (PCR) serta sulitnya mendapatkan produk rapit test, dikatakan Deputi Bidang Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi (TAB) BPPT Soni Solistia Wirawan pada Webinar dengan tema Potensi dan Pemanfaatan Tanaman obat untuk Peningkat Daya Tahan Tubuh, (23/07).Kirpah dan peran nyata BPPT dalam mengorkestrasi kegiatan inovasi teknologi untuk penanganan Covid19 dengan menghasilkan Rapid Diagnostik Test (RDT), PCR test kit, Laboratorium Mobile BSL-2, Aplikasi Artficical Intelligence untuk deteksi Covid-19, Ventilator, Hand sinitizer, Mobile Hand Wahser, Face Sheild, merupakan produk-produk inovasi yang telah berhasil diluncurkan BPPT bersama Task Force Riset dan Inovasi Teknologi untuk Penanganan Read more..

Perbedaan Kadar Hemoglobin, As ..

Nathania Helsa F.

Title
:Perbedaan Kadar Hemoglobin, Asupan Zat Besi, danZinc pada Balita Stunting dan Non Stunting
Author
:Nathania Helsa F.; Losong, Merryana Adriani;

Abstract :

Latar belakang: Stunting merupakan masalah gizi kronis pada anak-anak yang menyebabkan terganggunya pertumbuhan linear anak dan diakibatkan oleh pola asuh dan asupan yang rendah.Rendahnya asupan zat gizi makro maupun mikro dapat mempengaruhi kejadian stunting pada balita. Asupan zat besi dan zinc dapat mempengaruhi kejadian stunting karena zat besi dan zinc mempengaruhi hormon pertumbuhan. Selain itu, asupan zat besi yang rendah dapat mempengaruhi kadar hemoglobin dalam tubuh.  Tujuan: Menganalisis perbedaan kadar hemoglobin dan asupan zat besi serta zinc dari makanan pada balita stunting dan non stunting. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan desain cross sectional. Sampel terdiri dari 42 balita berusia 12-24 bulan di wilayah Kerja Puskesmas Tambak Wedi Kecamatan kenjeran Surabaya, balitastunting dannonstunti Read more..

Menuju Indonesia adil dan makm ..

Humas BPPT

Title
:Menuju Indonesia adil dan makmur, BPPT ajak kuasai kemampuan kecerdasan artificial
Author
:Humas BPPT;

Abstract :

Kercerdasaan artifisial adalah sebuah sistem yang menampilkan perilaku cerdas dengan menganalisa lingkungannya menggunakan algoritma tertentu dan mengambil tindakan berikutnya, dengan beberapa tingkat otonomi untuk mencapai tujuan tertentu. Makna kecerdasaan artifisial juga adalah teknologi untuk membuat komputer dapat meniru cara berpikir dan membuat keputusan atau tindakan seperti manusia dilihat dari segi esensinya. Dengan demikian guna dapat mengajari komputer agar dapat berpikir dan bertindak seperti manusia diperlukan data, baik historis maupun series yang jumlahnya sangat besar karena dengan big data tersebut komputer dapat diprogram agar dapat mempelajari data. Read more..

Ekosistem riset, inovasi dan t ..

Humas BPPT

Title
:Ekosistem riset, inovasi dan teknologi, solusikomprehensif hadapi pandemi
Author
:Humas BPPT;

Abstract :

Salah satu simpul terpenting untuk mengurai kompleksitas permasalahan terkait pandemi yang dihadapi adalah dengan mengedepankan solusi berbasis inovasi dan teknologi. Menyikapi kondisi tersebut, BPPT merespon dengan membentuk sebuah tim task force yang dinamai TFRIC-19 (Task Force Riset dan Inovasi Teknologi untuk penanganan Covid-19) yang bertugas menginisiasi pengembangan solusi multi dimensi dengan dukungan peneliti dan perekayasa lintas disiplin, bahkan lintas institusi. bahwa misi utama TFRIC-19 adalah mengembangkan sebuah model solutif untuk mengatasi pandemi dengan mengedepankan konsep ekosistem yang selain dapat mengakomodir kebutuhan berbagai teknologi dalam pengelolaan pandemi, juga dapat mengkanalisasi berbagai potensi para peneliti dan perekayasa Indonesia dalam satu platform bersama. Read more..

Sinergi, Hadirkan Inovasi Kary ..

Humas BPPT

Title
:Sinergi, Hadirkan Inovasi Karya Anak Negeri
Author
:Humas BPPT;

Abstract :

Salah satu langkah penting dalam penanganan Covid-19 adalah penguatan testing dan pengujian cepat (rapid test) menjadi pilihan. Ketergantungan produk rapid test diagnostic (RDT) pada impor, mendorong TFRIC-19 yang merupakan bagian dari Konsorsium Riset dan Inovasi Teknologi Penanganan Pandemi Covid-19 Kementerian Ristek/BRIN melakukan aksi cepat pengembangan produk RDT dalam negeri. RI-GHA-Covid-19 yang merupakan karya anak bangsa dan memiliki beberapa keunggulan yakni,  produk yang cepat dan praktis dalam penggunaan, hasil deteksi muncul dalam 15 menit tanpa membutuhkan alat tambahan maupun tenaga yang terlatih, selain itu alat uji yang fleksibel dan dapat menggunakan sampel serum, plasma, atau whole blood untuk mendeteksi orang tanpa gejala, orang dalam pantauan, pasien dalam pengawasan, dan orang pasca infeksi.Dengan deteksi antibodi IgG dan IgM yang terbentuk pada seseorang yang terinfeksi Covid-19 m Read more..

Tinjau kesiapan produksi venti ..

Humas BPPT

Title
:Tinjau kesiapan produksi ventilator BPPT3S-LEN
Author
:Humas BPPT;

Abstract :

Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Hammam Riza tinjau kesiapan emergency ventilator yang diproduksi di Lembaga Elektronika Nasional (LEN) Bandung. Produksi ventilator BPPT3S-LEN dilakukan oleh BPPT bersama PT Len Industri (Persero), merupakan upaya untuk mencukupi kebutuhan alat bantu pernapasan di seluruh rumah sakit di Indonesia. Produk emergency ventilator (alat bantu pernapasan) yang dikembangkan BPPT melalui Task Force Riset dan Inovasi Teknologi untuk Penanganan Covid-19 berbasis Ambu Bag yang diberi nama BPPT3S-LEN.   Read more..

Meningkatkan imunitas di tenga ..

Humas BPPT

Title
:Meningkatkan imunitas di tengah pandemi dengan produk inovasi
Author
:Humas BPPT;

Abstract :

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknolodi (BPPT) sebagai koordinator percepatan pengembangan produk dalamnegeri, guna mengatasi wabah Covid-19 yang menjadi pandemik di Indonesia siap menghela inovasi dan teknologi gunapenguatan aspek lokal dalam mengatasi wabah Covid-19 yang terus merebak.Inovasi dan layanan teknologi merupakan tujuan utama dan ukuran kinerja BPPT dalam rangka kontribusi padapenanganan wabah covid 19. Seperti inovasi teknologi bidang manufaktur, kesehatan dan pangan merupakan bagian darikinerja BPPT.BPPT melalui Pusat Teknologi Agroindustri telah berhasil mengembangkan sebuah produk BiskuNEO plus yakni biskuitlapis krim keju yang diformulasikan untuk membantu peningkatan imunitas pada masa pandemi ini, juga melakukan eksplorasi tanaman herbal Indonesia seperti temu ireng, meniran serta mengembangkan teknologi fermentasi betaglukan yang berkhasiat sebagai imunomodulator atau dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tubuh m Read more..

BPPT kembangkan alat pendeteks ..

Rakyat Merdeka

Title
:BPPT kembangkan alat pendeteksi corona : Alhamdulillah yang ditunggu datang
Author
:Rakyat Merdeka;

Abstract :

- Indonesia berhasil mengembangkan alat berbasis kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) untuk mendeteksi virus corona alias Covid-19. Alat itu bisa mempercepat tenaga medis mengeluarkan diagnosis. Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Hammam Riza men￾gungkapkan bahwa  alat berbasis kecerdasan buatan itu berbentuk CT Scan dan x-ray.  bersifat komplemen terhadap deteksi berbasis PCR dan rapid test. Read more..

Melalui Inovasi Teknologi Kese ..

Humas BPPT

Title
:Melalui Inovasi Teknologi Kesehatan, Tingkatan dan Daya Saing Bangsa
Author
:Humas BPPT;

Abstract :

Pandemi Covid-19 telah menyadarkan semua akan perlunya kesiapan nasional dalam menghadapi wabah penyakit menular.  pada fase awal pandemi (bulan Maret), bagaimana sulitnya mendapatkan APD, sulitnya mendapatkan reagen untuk tes PCR serta sulitnya mendapatkan produk rapid test, tutur Deputi Bidang Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi (TAB) BPPT, Soni Solistia Wirawan diacara webinar dengan tema Potensi dan Pemanfaatan Tanaman obat untuk Peningkat Daya Tahan Tubuh, (23/07). Semua produk-produk tersebut masih tergantung pada impor. Namun melalui Task Force Riset dan Inovasi Teknologi untuk Covid-19 (TFRIC-19) yang terdiri perguruan tinggi, lembaga litbang, industri serta asosiasi menghasilkan inovasi teknologi seperti rapid diagnostic, PCR test kit, ventilator dan laboratorium mobile BSL2. Read more..

BPPT Gelar Webinar Model Simul ..

Humas BPPT

Title
:BPPT Gelar Webinar Model Simulasi Prediksi Dampak New Normal Pandemi Covid-19
Author
:Humas BPPT;

Abstract :

Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Hammam Riza menyambut baik dengan diadakannya webinar dengan tema Model Simulasi Prediksi Dampak New Normal Pandemi Covid, (23/07). Diharapkan melalui webinar ini dapat memberikan masukan dan kesimpulan ataupun dukungan terhadap keputusan dengan memberikan prediktif model. Read more..

Pandemi Covid-19 Picu Kebangki ..

Humas BPPT

Title
:Pandemi Covid-19 Picu Kebangkitan Riset dan Inovasi Anak Negeri (II)
Author
:Humas BPPT;

Abstract :

Pengelolaan citra medik berbasis kecerdasan buatan untuk mengolah data x-ray dan CT-Scan diharapkan dapat menjadi alat bantu dan pemandu penegakan diagnosis pada pasien Covid-19, dengan sistem deteksi dini Covid-19 berbasis kecerdasan buatan tersebut untuk memanfaatkan data X-ray dan CT-scan dari pasien positif dan negatif Covid-19 tersebut, proses analisis ini menggunakan model machine learning dan deep learning, kata Anto Satriyo Nugroho Peneliti BPPT diacara Webinar Serial Inovasi Indonesia dalam Menghadapi Pandemi dengan tema Kebangkitan Teknologi Kesehatan Karya Anak Negeri (29/07).  Diharapkan dengan sistem yang dikembangkan ini akan melengkapi pengujian berbasis PCR maupun whole genome sequencing Covid-19 Indonesia Read more..

Pandemi Covid-19 Picu Kebangki ..

Humas BPPT

Title
:Pandemi Covid-19 Picu Kebangkitan Riset dan Inovasi Anak Negeri
Author
:Humas BPPT;

Abstract :

Di tengah terjangan pandemi Covid-19, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menunjukkan peran pentingnya. Melalui sinergi kelembagaan bernama Task Force Riset dan Inovasi Teknologi untuk penanganan Covid-19 (TFRIC19) yang melibatkan lembaga penelitian, perguruan tinggi, penelitian dan pengembangan Kementerian Kesehatan, Badan Usaha Milik Negara, sektor swasta, serta berbagai  start-up di bidang kesehatan lainnya dan telah menghasilkan berbagai produk buatan dalam negeri untuk mengatasi wabah virus yang terus merebak. Adapun produk alat kesehatan  untuk mengatasi pandemik diantaranya ada Non-PCR diagnostic test Covid-19 (dalam bentuk dip stick dan micro-chip) dan PCR test kit, laboratorium uji PCR dan sequencing serta telemedicine. Terkait hal tersebut, TFRIC-19 menggelar webinar serial Inovasi Indonesia dalam Menghadapi Pandemi dengan tema Kebangkitan Teknologi Kesehatan Karya Anak Negeri (29/07). Read more..

Sinergi dan Inovasi Guna Dukun ..

Humas BPPT

Title
:Sinergi dan Inovasi Guna Dukung Kebijakan Manajemen Krisis Covid-19
Author
:Humas BPPT;

Abstract :

Pada masa pandemi Covid-19, BPPT telah mengerahkan seluruh kemampuan guna dapat berkontribusi dalam penanggulangan penyebaran Covid-19, terutama  terkait dengan teknologi dan inovasi. Dengan timeframe waktu yang cukup singkat guna menghasilkan solusi dan inovasi, BPPT berkolaborasi dan bersinergi dengan banyak pihak yang disebut dengan Penta Helix. Hal ini disampaikan oleh Ka. BPPT, Hammam Riza pada acara webinar series dengan tema Kebijakan Manajemen Krisis Covid-19 di Indonesia, Sudah Tepatkah? (30/07). Melalui sebuah tim task force yang dinamai TFRIC-19 (Task Force Riset dan Inovasi Teknologi untuk penanganan Covid-19) bertugas menginisiasi pengembangan solusi multi dimensi dengan dukungan perekayasa dan peneliti lintas disiplin, bahkan lintas institusi. Misi utama TFRIC-19 adalah mengembangkan sebuah model solutif untuk mengatasi pandemi dengan mengedepankan konsep ekosis Read more..

BPPT bisa produksi ribuan pera ..

Esthi Maharani

Title
:BPPT bisa produksi ribuan perangkat Tes Cepat Covid-19
Author
:Esthi Maharani;

Abstract :

Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Hammam Riza mengatakan sudah bisa memproduksi perangkat tes cepat Covid-19 hingga 100 ribu unit dan akan meningkat menjadi satu juta unit pada Agustus 2020. Hammam menuturkan ada dua alat pengetesan Covid-19 buatan Indonesia, yakni rapid test bernama RI-GHA Covid-19 dan PCR kit. Untuk yang rapid test, dia menyampaikan bernama RI-GHA Covid-19 dan PCR kit bernama BioCov-19. Untuk RI-GHA Covid-19, Hammam menuturkan dikembangkan oleh BPPT, UGM, Unair, dan PT. Hepatika Mataram. Seluruh pihak itu, kata dia mengembangkan RI-GHA Covid-19 sejak desain hingga produksi massal. Sesuai dengan uji validasi terhadap 10 ribu pasien, Hammam menyebut sensitivitas RI-GHA Covid-19 terhadap IgM mencapai 98,8 persen dan IgG sebesar 74 persen. Sedangkan spesifitasnya IgM sebesar 98 persen dan IgG mencapai 100 persen. Untuk harga, Hammam menyebut RI-GHA Covid-19 yang sudah mendapat izin edar dari Kemenkes dijual dengan harga Rp Read more..

Mengenal Rapid Test Murah buat ..

CNN Indonesia

Title
:Mengenal Rapid Test Murah buatan lokal, akurat 98 persen
Author
:CNN Indonesia;

Abstract :

Kepala BPPT Hammam Riza menyatakan Indonesia telah berhasil menciptakan alat pengetesan cepat (rapid-test) untuk mendeteksi Covid-19. Sedangkan BioCov-19, Hammam menjelasakan adalah One Step Real Time PCR yang bisa mengeluarkan hasil dalam satu tahap. Dia mengatakan BioCov-19 adalah reagen yang bisa dipakai di berbagai alat RT-PCR. Hammam menyampaikan BioCov-19 merupakan hasil kolaborasi BPPT, BioFarma, dan Nusantic. Alat itu, kata dia juga sudah divalidasi oleh Balitbangkes dan LBM Eijkman. Read more..

Dibanderol Rp 75 ribu, Rapid T ..

Yaspen Martinus

Title
:Dibanderol Rp 75 ribu, Rapid Test Kit buatan Indonesia diklaim lebih unggul dari barang impor
Editor
:Yaspen Martinus;

Abstract :

Rapid test produksi dalam negeri ini dikembangkan oleh tim TFRIC-19 Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), di bawah koordinasi Kemenristek. Kepala Kepala BPPT Hammam Riza menjelaskan, rapid test seharga Rp 75 ribu tersebut tidak kalah kualitasnya dibandingkan alat rapid test yang diimpor dari luar negeri. Hammam berani jamin rapid test dalam negeri lebih berkualitas, karena produk ini sudah 10 ribu uji validasi, sambil terus dilakukan perbaikan untuk meningkatkan sensitivitas.   Read more..

BPPT: Indonesia Sudah Pakai Te ..

CNN Indonesia

Title
:BPPT: Indonesia Sudah Pakai Teknologi AI Deteksi Covid-19
Author
:CNN Indonesia;

Abstract :

Kepala BPPT Hammam Riza menyatakan Indonesia berhasil mengembangkan alat berbasis kecerdasan buatan untuk mendeteksi virus corona Covid-19. Dia mengatakan sistem bisa mempercepat tenaga medis mengeluarkan diagnosis. Untuk pengujian dan penelusuran, konsorsium menyiapkan mobile laboratorium Bio Safety Level 2 dan menyediakan produk medis, seperti ventilator, mobile hand washer, face shield, hand sanitizer, hingga biskuneo. Selain itu, konsorsium akan menguatkan sistem informasi dan aplikasi AI untuk diagnosis Covid-19. Read more..

Doni Apresiasi BPPT Bangun Mob ..

Taufiq Ismail

Title
:Doni Apresiasi BPPT Bangun Mobile Lab untuk Tangani Covid-19
Author
:Taufiq Ismail;

Abstract :

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) meluncurkan Mobile Biosafety Level (BSL)-2 untuk mendukung penanganan Covid-19.  Salah satu inovasi yang dikembangkan BPPT bersama TFRIC-19 adalah membangun Mobile Laboratorium Bio Safety Level 2 (BSL-2), yang hari ini digelar pengoperasiannya untuk melakukan rangkaian swab test di Rumah Sakit (RS) Ridwan Meuraksa, Jakarta Read more..

Overview of cloud seeding ..

Vicorian Government

Title
:Overview of cloud seeding
Author
:Vicorian Government;

Abstract :

Cloud seeding is a weather modification technique which involves the introduction of material into a cloud (using aircraft or ground-based generators) with a view to encouraging the formation and growth of ice crystals or raindrops and, in turn, enhancing the precipitation (snow and/or rain) falling from the cloud. Cloud seeding experiments in Victoria and elsewhere in Australia and overseas have produced mixed and often disputed results. The most successful cloud seeding experiments to date are considered to be the Tasmanian experiments, and Hydro Tasmania still conducts routine cloud seeding operations in autumn and winter to enhance rainfall into its storages.  Read more..

Dorong Kemandirian Bangsa Mela ..

Humas BPPT

Title
:Dorong Kemandirian Bangsa Melalui Inovasi Teknologi
Author
:Humas BPPT;

Abstract :

Pandemi Covid-19 yang melanda negara sejak beberapa bulan yang lalu telah memunculkan gaya hidup baru, seperti meningkatnya kepedulian terhadap kesehatan, pangan sehat dan bergizi, cara beraktifitas serta komunikasi berjarak melalui pemanfaatan teknologi informatika dan komunikasi, kata Kepala BPPT Hammam Riza di acara Rapat Kerja Kedeputian Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi (TAB) yang diadakan secara virtual (16/07). Di masa yang akan datang, seiring dengan meningkatnya tingkat kesejahteraan masyarakat Indonesia, maka akan mempengaruhi gaya hidup dan keinginan hidup sehat, sehingga inovasi-inovasi teknologi di bidang kesehatan dan pangan akan semakin diminati oleh masyarakat, tuturnya.   Selain itu menurut Hammam, Kedeputian TAB melalui inovasi teknologinya dapat mendukung kemandirian industri farmasi terutama dari segi bahan baku sehingga industri obat bisa berkembang, sehingga impor berkurang dan masyarakat bisa memperoleh obat dengan mudah, terjan Read more..

Sebulan, BPPT Targetkan Produk ..

Fitri Sartina Dewi

Title
:Sebulan, BPPT Targetkan Produksi 1 Juta Test Kit Rapid Test Corona
Author
:Fitri Sartina Dewi;

Abstract :

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) tengah menggenjot produksi alat kesehatan produksi Indonesia dengan target 1 juta rapid test kit mulai Agustus dengan harga pasaran yang jauh lebih terjangkau. Disampaikan Kepala BPPT Hammam Riza bahwa pada saat Covid-19 merebak, BPPT mengajak seluruh stakeholder untuk menghasilkan inovasi produk yang bisa diproduksi dalam negeri, dan pemenuhan kebutuhannya kita harus bisa diakselerasi. Read more..

4 Bulan Corona di Indonesia: I ..

Fitri Sartina Dewi

Title
:4 Bulan Corona di Indonesia: Inovasi dan Produksi Massal Alat Kesehatan
Author
:Fitri Sartina Dewi;

Abstract :

Penanganan kasus infeksi virus Corona (Covid-19) di Indonesia telah berjalan selama empat bulan sejak awal kasus ditemukan pada 2 Maret 2020. Berbagai langkah telah ditempuh pemerintah melawan Covid-19. Seperti diketahui, pada awal kasus pertama ditemukan di Indonesia, ada 2 warga Indonesia yang terinfeksi virus tersebut. Namun, saat ini jumlah kasus terus meningkat hingga mencapai 57.770 kasus positif per 1 Juli 2020.  Presiden Jokowi memberi arahan agar pemerintah memberikan dukungan secara optimal. Pemerintah pun mengalokasikan anggaran Rp75 triliun untuk sektor kesehatan.  Anggaran tersebut digunakan untuk pembelian alat-alat kesehatan yang dibutuhkan seperti alat uji coba, reagen, ventilator, hand sanitizer, insentif tenaga medis, dan lainnya. Namun, pandemi Covid-19 yang melanda hampir seluruh negara di dunia membuat ketersediaan al Read more..

Kemristek Targetkan Produksi 4 ..

Dina Manafi

Title
:Kemristek Targetkan Produksi 400.000 Rapid Test Bulan Depan
Author
:Dina Manafi;

Abstract :

Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemko PMK) dan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemristek)/ Badan Riset dan Inovasi Nasional meluncurkan rapid test C-19 buatan anak negeri yang diberi nama RI-GHA Covid-19 di Kantor Kemko PMK, Kamis (9/7/2020). Saat ini Kemristek telah memproduksi 200.000 unit, dan ditargetkan 400.000 rapid test di bulan depan. Dengan inovasi anak negeri ini pemerintah mendorong kemandirian rapid test untuk Covid-19 di dalam negeri. Artinya Indonesia bisa lepas dari ketergantungan terhadap produk impor. Read more..

Pindad dan BPPT Kembangkan Bus ..

Ahmad Fikri

Title
:Pindad dan BPPT Kembangkan Bus Mobile Laboratorium BSL-2
Author
:Ahmad Fikri; Erwin Prima;

Abstract :

PT Pindad dan BPPT menandatangani perjanjian kerja sama (PKS) pengembangan dan penerapan teknologi desain, rekayasa, dan manufaktur Mobile Laboratorium Bio Safety Level 2 (BSL-2) berbasis kendaraan bus. Perjanjian kerja sama tersebut ditandatangani Kamis, 2 Juli 2020, antara Abraham Mose mewakili Pindad dan Kepala BPPT, Hammam Riza. Keduanya juga menandatangani Nota Kesepahaman untuk pengkajian dan penerapan teknologi di Indonesia untuk menunjang pengembangan dan pembangunan industri nasional. Read more..

AYP Bersama BPPT Gelar Webinar ..

Berita Satu

Title
:AYP Bersama BPPT Gelar Webinar Bertajuk Meningkatkan Imunitas Ditengah Pandemi Covid-19
Editor
:Berita Satu;

Abstract :

BPPT adalah Lembaga Pemerintah Non Departemen Indonesia yang berada di bawah koordinasi Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang mempunyai tugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang pengkajian dan penerapan teknologi. Menurut Anggota Komisi 7 DPR : Andi Yuliani Paris saat dikonfirmasi bahwa Webinar bisa dikatakan sebagai seminar yang bersifat online atau website daring seminar. Dan penyelenggaraaan Webinar bersama BPPT pada Jum’at 10 Juli 2020 lalu, diikuti oleh peserta Webinar hampir 200 orang dari Dapil Sulsel II (Dua). Webinar ini membahas 3 topik, antara lain inovasi BPPT berupa biskuit untuk meningkatkan imunitas dimasa pandemi Covid 19, potensi dan pemanfaatan tanaman obat sebagai penangkal daya tahan tubuh serta materi terkait potensi Beta-glukan sebagai imunomodulator untuk memperkuat system imun dimasa pandemi Covid 19. Read more..

Bangga Buatan Indonesia, BPPT ..

Humas BPPT

Title
:Bangga Buatan Indonesia, BPPT Hadirkan Produk Inovasi Karya Anak Negeri
Author
:Humas BPPT;

Abstract :

Dalam rangka mempercepat penanganan pandemi Covid-19, BPPT dan TFRIC-19 telah mengembangkan alat tes PCR, alat tes diagnostik cepat, ventilator, serta unit laboratorium bergerak dengan bio safety level (BSL) 2. Ketergantungan impor produk Rapid Diagnostic Test (RDT) mendorong BPPT bersama Konsorsium Riset dan Inovasi Teknologi Penanganan Pandemi Covid-19 Kementerian Ristek/BRIN melakukan aksi cepat pengembangan produk RDT dalam negeri. Produk hasil karya anak bangsa dengan deteksi antibodi IgG dan IgM yang terbentuk pada seseorang yang terinfeksi Covid-19 menjadi pilihan pengembangan produk RDT dengan teknik imunokromatografi. BPPT bersama Universitas Gajah Mada, Universitas Airlangga, PT Hepatika Mataram dan PT Prodia Diagnostic Line serta beberapa industri lainnya berupaya membangun kemandirian agar dapat memproduksi RDT tersebut. [LDR] Read more..

Membangun Ekosistem Inovasi Te ..

Humas BPPT

Title
:Membangun Ekosistem Inovasi Teknologi di Tengah Pandemi RI-GHA-Covid-19
Author
:Humas BPPT;

Abstract :

BPPT melalui Pusat Layanan Teknologi (PUSYANTEK) terus mendorong tahapan hilirisasi dan komersialisasi. RDT RI-GHA, TFRIC 19 yang diproduksi oleh PT. Hepatika Mataram menggunakan bahan baku antigen yang masih diimpor. TFRIC-19 telah menyiapkan skenario agar bahan baku RDT ini bisa diproduksi di dalam negeri. Saat ini TFRIC telah menyiapkan aksi pengembangan teknologi produksi antigen dalam negeri sebagai bahan baku produk Rapid Test RI-GHA IgM/IgG, dengan berbasis pada desain dari sekuen virus Covid-19 orang Indonesia. Diharapkan dengan bahan baku ini dapat menunjang kemandirian produk rapid test Covid-19 di Indonesia. [LDR]   Read more..



Berita Terkini BPPT