Login here
Username

Password

Login as : or librarian

Forgotten password?
Welcome to BPPT library

BPPT library offers public and internal members during open hours. We also offers searching, photocopy, CD-Rom, online catalog, and hotspot service.

Contact us

Emergency ventilator berbasis ..

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi

Title
:Emergency ventilator berbasis ambu bag dan CAM
Author
:Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi;

Abstract :

Emergency Ventilator merupakan alat bantu pernafasan untuk membantu pasien terinfeksi virus corona yang mengalami gangguan pernafasan. BPPT bersama PT. LEN, PT. Polijaya, PT. Dharma Precission Tools telah mengembangkan Emergency Ventilator. Produk ini mengadopsi desain open source yang dikembangkan di Eropa dengan modifikasi sesuai material dan komponen yang ada di pasar lokal. Emergency Ventilator ini menggunakan ambu bag (alat untuk memompa oksigen atau pipa berkatup). Cara kerjanya: ambu bag ini akan dipompa dengan alat yang dimekanisasi menggunakan motor listrik yang dikendalikan secara otomatis. Namun adapun jenis Emergency Ventilator tipe lainya berbasis pneumatic yang merupan embrio untuk membuat ICU- Ventilator yang kembangkan BPPT bersama PT. Dharma Precission Tools. Kedua jenis Emergency Ventilator berbasis pneumatic dan Emergency Ventilator berbasis ambu bag dan cam telah disertifikasi oleh Balai Pen Read more..

BPPT: 20.000 unit RDT Kit IgG/ ..

Martha Herlinawati S

Title
:BPPT: 20.000 unit RDT Kit IgG/IgM diproduksi pekan ini
Author
:Martha Herlinawati S; Zita Meirina;

Abstract :

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) saat ini sedang memproduksi 20.000 Rapid Diagnostic Test (RDT) Kit untuk deteksi antibodi IgG/IgM sedang diproduksi untuk mengetahui infeksi COVID-19.Perangkat RDT untuk deteksi IgG/IgM dikembangkan oleh BPPT, Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga, Universitas Mataram, PT Hepatika Mataram. Perangkat RDT buatan lokal itu memiliki sensitifitas 98 persen dan spesifitas 96 persen. Pendistribusi 20.000 unit tersebut dilakukan mulai tanggal 16 Juni 2020 oleh Pusyantek BPPT Disampaikan Kepala BPPT di luar 20.000 unit RDT Kit untuk deteksi antibodi IgG/IgM, untuk uji validasi sudah dalam tahap akhir terhadap 10.000 unit untuk jenis perangkat yang sama. Perangkat tes deteksi cepat itu diperlukan untuk memenuhi kebutuhan tes cepat mendesak COVID-19. BPPT telah menyampaikan ke Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 agar memproduksi sebanyak dua juta unit RDT kit tersebut untuk ke Read more..

BPPT serahkan bantuan penangan ..

Achmad Irfan

Title
:BPPT serahkan bantuan penanganan COVID-19 untuk Tangsel-Banten
Author
:Achmad Irfan; Andi Jauhary;

Abstract :

Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Provinsi Banten menerima bantuan alat penanganan COVID-19 dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Kepala BPPT Hammam Riza dalam keterangan yang diterima dari Dinas Kominfo Tangerang Selatan menjelaskan bantuan alat yang diberikan yakni 30 kotak  alat tes  polymerase chain reaction (PCR) Biocov-19, satu unit alat analisa PCR Applied Biosystem 7300, satu mobil "hand washer", satu unit ventilator dan 30 kotak biskuit pangan darurat yang merupakan produk inovasi BPPT bersama Task Force Riset dan Inovasi Teknologi untuk Penanganan COVID-19 (TFRIC19). Produk - produk inovasi tersebut telah melalui serangkaian uji dan validasi serta telah memiliki izin edar sehingga siap untuk digunakan di fasilitas-fasilitas kesehatan. Read more..

Mobile Laboratorium BSL-2 Indo ..

Martha Herlinawati S

Title
:Mobile Laboratorium BSL-2 Indonesia dalam mendukung deteksi COVID-19
Author
:Martha Herlinawati S;

Abstract :

Keberadaan laboratorium pengujian spesimen memegang peranan penting dalam mendukung upaya percepatan deteksi COVID-19. Terbatasnya laboratorium pengujian di daerah bisa menyebabkan lamanya proses pengujian spesimen dari suspek COVID-19. Hal itu dikarenakan waktu yang dibutuhkan daerah untuk mengirimkan spesimen dari suspek COVID-19 ke laboratorium atau rumah sakit yang jauh atau berada di daerah lain. Sementara, jumlah laboratorium atau rumah sakit yang bisa melakukan uji spesimen dengan metode polymerase chain reaction (PCR) untuk deteksi COVID-19 tidak tersebar merata di daerah-daerah seluruh Indonesia. Sementara hingga 17 April 2020, ada 34 laboratorium di seluruh Indonesia yang melakukan pengujian spesimen dari suspek COVID-19. Pemerintah terus mengupayakan penambahan jumlah laboratorium pengujian tersebut.   Read more..

Biskuneo untuk meningkatkan da ..

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi

Title
:Biskuneo untuk meningkatkan daya tahan tubuh dalam keadaan darurat pandemi COVID-19
Author
:Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi;

Abstract :

BiskuNeo merupakan biskuit sehat dengan lapis krim rasa keju ini mengandung imunomodulator alami dan diperkaya vitamin (A, C, D, E) dan mineral (Seng dan Selenium) untuk meningkatkan daya tahan tubuh, dengan merujuk kepada Panduan Teknis Penatalaksanaan Gizi CoVid-19 yang dikeluarkan oleh PDGKI. Perkemasan isi 50 gram, bernilai 240 kalori dengan kandungan vitamin dan mineral memenuhi separuh dari anjuran gizi untuk melawan Covid-19. Saat ini Biskuneo diproduksi oleh industri dalam negeri, PT. Makindo Perdana dan dalam proses mendapatkan ijin edar dari BPOM. Bahan baku yang terdapat dalam pembuatan camilan sehat ini antara lain tepung ubi kayu, ubi jalar, jagung, tempe, dan gula sehingga mengandung nutrisi lengkap dan energi tinggi. Read more..

Mobile lab BSL-2:Laboratorium ..

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi

Title
:Mobile lab BSL-2:Laboratorium biosafety level-2 (BSL-2) bergerak
Author
:Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi;

Abstract :

Mobile Laboratorium Biosafety Level (Lab BSL-2) merupakan laboratorium yang bersifat mobile atau dapat dipindah-pindah sehingga dapat ditempatkan ke daerah-daerah yang belum memiliki laboratorium BSL-2 untuk memudahkan pelaksanaan uji Polymerase Chain Reaction (PCR) dalam rangka mendeteksi Covid-19. Mobile lab BSL-2 ini telah mengikuti standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yang dilengkapi sejumlah peralatan yang mendukung pemeriksaan swab Covid-19 antara lain, peralatan PCR untuk tes swab Covid-19, biosafety cabinet, dan sistem pemprosesan limbah medis. Mobile lab BSL-2 ini merupakan wujud inovasi BPPT melalui TFRIC-19, yang saat ini berada di lokasi rumah sakit Ridwan Meuraksa, Jakarta Timur. Read more..

AI untuk deteksi COVID-19 ..

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi

Title
:AI untuk deteksi COVID-19
Author
:Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi;

Abstract :

AI untuk Deteksi Covid-19 merupakan sistem citra medik berbasis kecerdasan buatan Artificial Intelligence (AI) untuk membantu deteksi Covid-19 di Indonesia. Sistem deteksi dini Covid-19 berbasis kecerdasan buatan tersebut memanfaatkan data X-ray dan CT-scan dari pasien positif dan negatif Covid-19. - Proses analisis menggunakan model machine learning dan deep learning. Pengelolaan citra medik berbasis AI untuk mengolah data X-ray dan CT-scan diharapkan dapat menjadi alat bantu dan pemandu penegakan diagnosis pada pasien-pasien suspect Covid-19. Adapun sistem citra medik tersebut bersifat komplemen terhadap deteksi berbasis Polymerase Chain Reaction (PCR). Dengan AI, maka hasil pemeriksaan bisa didapat dalam 2-3 menit. Read more..

PCR test kit ..

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi

Title
:PCR test kit
Author
:Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi;

Abstract :

Time Polymerase Chain Reaction (RT PCR) yakni alat tes valid untuk menentukan apakah seseorang positif terinveksi virus Covid 19 atau tidak. BPPT melalui Indonesia Task Force Riset dan Inovasi Teknologi untuk Penanganan Covid-19 (TFRIC19), telah mengembangkan test kit Polymerase Chain Reaction (PCR). Dikembangkan bersama BPPT dan Nusantic, serta diproduksi oleh PT. Biofarma, dan saat ini telah distribusikan 100.000 kit. Keunggulan yang dimiliki dari RT PCR memiliki sensitivitas yang tinggi hampir 100 persen untuk mendeteksi Covid-19 karena didesain oleh target gen sesuai sequence virus yang ada Indonesia. Keunggulan kedua RT PCR ini didesain untuk open system PCR sehingga bisa digunakan dimesin PCR manapun. Keunggulan berikutnya adalah sudah menerapkan GDP (Good Distribution Process) sesuai dengan rekomendasi dari WHO. Yakni, dalam pengantaran suhunya mengikuti prinsip sistem rantai dingin atau cold chain system, seperti distribusi vaksin pada umum Read more..

Rapid test igG/igM COVID-19 ..

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi

Title
:Rapid test igG/igM COVID-19
Author
:Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi;

Abstract :

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melalui Task Force Riset dan Inovasi Teknologi untuk Penanganan COVID-19 (TFRIC-19), telah menghasilkan beberapa produk, 5 produk utama hasil inovasi dan teknologi telah diluncurkan beberapa waktu oleh Presiden RI Joko Widodo, bertepatan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional. Salah satu produk TRFIC-19 adalah Rapid diagnostic Test (RDT) kit guna mendeteksi Covid-19 atau biasa dikenal publik dengan sebutan screening virus corona.Ada dua tipe RDT kit, untuk mendeteksi cepat virus corona. Kedua tipe perangkat tersebut yakni, RDT deteksi antibodi IgG/IgM, dan RDT deteksi antigen micro-chip. RDT buatan anak bangsa ini memiliki kelebihan, yakni lebih sensitif dan spesifik dalam mendeteksi virus corona dibandingkan test kit impor. Sensitivitas yang tinggi lantaran menggunakan strain virus dari orang Indonesia dalam pengembangannya. Tentu hal ini berbeda dengan RDT kit yang diproduksi luar negeri, karen Read more..

Pedoman pengelolaan limbah rum ..

Gerakan Masayarakat Hidup Sehat (GERMAS) - Kementerian Kesehatan RI

Title
:Pedoman pengelolaan limbah rumah sakit rujukan, rumah sakit darurat dan puskesmas yang Menangani pasien covid-19
Author
:Gerakan Masayarakat Hidup Sehat (GERMAS) - Kementerian Kesehatan RI;

Abstract :

Air limbah kasus Covid-19 yang harus diolah adalah semua air buangan termasuk tinja, berasal dari kegiatan penanganan pasien Covid-19 yang kemungkinan mengandung mikroorganisme khususnya virus Corona, bahan kimia beracun, darah dan cairan tubuh lain, serta cairan yang digunakan palam kegiatan isolasi pasien meliputi cairan dari mulut dan/atau hidung atau·air kumur pasien dan air cucian alat kerja, alat makan dan minum pasien dan/atau cucian linen, yang berbahaya bagi kesehatan, bersumber dari kegiatan pasien isolasi Covid-19, ruang perawatan, ruang pemeriksaan, ruang laboratorium, ruang pencucian alat dan linen. Read more..

Ajak Prilaku Hidup Sehat, BPPT ..

Humas BPPT

Title
:Ajak Prilaku Hidup Sehat, BPPT Hadirkan Portable Hand Washer
Author
:Humas BPPT;

Abstract :

Dalam mendukung upaya pemerintah guna pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19, BPPT berpartisipasi melalui rekayasa portable hand washer. Mobile hand washer yang dikembangkan oleh BPPT ini berbahan tangki toren berkapasitas 300 liter, besi, siku, pipa, selang, keran, wastafel, sabun, tempat tisu dan tempat sampah. Masyarakat juga dapat membuat unit mobile hand washer ini sehingga mereka dapat secara rutin mencuci tangan di tempat padat penduduk. Untuk itu BPPT telah menyerahkan hasil inovasi pembuatan portable hand washer melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk selanjutnya didistribusikan ke beberapa fasilitas umum. BPPT juga menghibahkan dua unit kepada Rumah Sakit Persahabatan. [LDR]   Read more..

BPPT Gandeng Ikatan Dokter Ind ..

Humas BPPT

Title
:BPPT Gandeng Ikatan Dokter Indonesia, Luncurkan Aplikasi Mobile Covid Track Untuk Perlindungan Dokter
Author
:Humas BPPT;

Abstract :

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) meluncurkan Aplikasi Mobile Covid Track, yang ditujukan untuk melindungi tenaga medis, dari potensi terkena paparan virus Corona. Aplikasi berbasis android ini memiliki fitur untuk melacak serta menganalisis pergerakan pasien ODP maupun PDP, dan mendata penyebaran dan ketersediaan Alat Pelindung Diri (APD). Aplikasi Covid Track dapat melindungi tenaga medis, utamanya dokter praktek mandiri, ketika dokter tersebut hendak melakukan anamnesa terhadap seorang pasien yang berkunjung. Melalui aplikasi ini, ketika seorang dokter hendak melakukan anamnesa dan mulai mendata pasien yang berkunjung, maka berdasarkan NIK yang dimasukkan, dokter akan tahu apakah pasien tersebut sudah pernah terdata sebelumnya. Bila data menunjukkan bahwa pasien berstatus PDP atau bahkan konfirm positif, maka aplikasi akan mengirimkan notifikasi ke dokter, untuk mengambil tindakan preventif.  Dalam pembuatan aplikasi Covid Track ini, BPPT bersinergi dengan Read more..

Berikut Cara Kerja Aplikasi Mo ..

Humas BPPT

Title
:Berikut Cara Kerja Aplikasi Mobile Covid Track
Author
:Humas BPPT;

Abstract :

Aplikasi yang dinamakan Mobile Covid Track ini akan memberikan informasi antara lain, pertama adalah melakukan tracing pergerakan pasien-pasien yang terdata. Dengan demikian maka Pemerintah atau instansi yang terkait dapat melakukan tindakan-tindakan pencegahan atau pemeriksaan pada tempat-tempat atau lokasi yang disinggahi oleh penderita dalam kurun 14 hari terakhir. Untuk mendapatkan data ini maka penderita diminta untuk menginstal aplikasi ini. Selanjutnya aplikasi ini akan mengirimkan data posisi secara berkala ke server. Tracing pada pasien-pasien dapat dilihat pada halaman terbatas aplikasi yang sedang dibangun. Read more..

Bangun Ekosistem Inovasi Dan S ..

Humas BPPT

Title
:Bangun Ekosistem Inovasi Dan Sinergi Menuju Tatanan Kehidupan Baru
Author
:Humas BPPT;

Abstract :

Memasuki pelonggaran pembatasan sosial, banyak kebiasaan baru yang harus diadaptasi untuk tetap menekan penyebaran virus corona. Mulai dari selalu memakai masker, membiasakan diri cuci tangan dan menjaga jarak saat berinteraksi dengan orang lain. Meskipun di tengah pandemi Covid-19 ini para peneliti terpacu untuk mengembangkan alat untuk mencegah penyebarannya. Ada banyak penelitian yang dilakukan baik oleh lembaga, perguruan tinggi, hingga swasta. Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) bersama Task Force Riset dan Inovasi Teknologi untuk Penanganan Covid-19 (TFRIC19) terus berupaya membangun sistem inovasi teknologi yang ditujukan untuk mengatasi seluruh masalah yang multi dimensional. Read more..

BPPT Gelar Pengoperasian Mobil ..

Humas BPPT

Title
:BPPT Gelar Pengoperasian Mobile Lab BSL-2 Dan Penandatanganan Kerjasama Pengadaan Dan Pemanfaatan Produk Inovasi Covid-19
Author
:Humas BPPT;

Abstract :

Mobile Lab BSL2 merupakan salah satu hasil Inovasi BPPT dan TFRIC-19 yang patut mendapatkan apresiasi dan menjadi kebanggaan. Mobile Laboratorium ini didisain oleh putra putri Indonesia, dalam waktu relatif pendek. Dengan semangat kebersamaan yang tinggi, para perekayasa berhasil mendisain Mobile BSL2 dalam waktu 10 hari, dan proses manufaktur bersama mitra selama 19 hari. Mobile Lab BSL-2 dibangun dengan memanfaatkan container 20 feed, laboratorium disain untuk 2 ruangan, yaitu anteroom dan main room, yang dilengkapi dengan negative pressure dan sistem interlock. Fasilitas Biosafety Cabinet, Autoclave dan PCR, serta peralatan pendukung lain, menjadikan Lab BSL2 ini telah memenuhi bersyaratan Biosatey Level 2 plus (BSL 2 enhance). Dengan sistem yang diterapkan dan tipe reagen yang digunakan, mobile Lab BSL2 ini mempunyai kapasitas pemeriksaan SWAB sekitar 120 spesimen per 12 jam. Dilengkapi dengan 2 swab chamber diharapkan Lab Mobile BSL2 ini dapat memberikan penguata Read more..

The use of simulation to prepa ..

Dieckman, Peter

Title
:The use of simulation to prepare and improve responses to infectious disease outbreaks like COVID-19: practical tips and resources from Norway, Denmark, and the UK
Author
:Dieckman, Peter; Torgeirsen, Kjetil; Qvindesland, Sigrun Anna;

Abstract :

In this paper, we describe the potential of simulation to improve hospital responses to the COVID-19 crisis. We provide tools which can be used to analyse the current needs of the situation, explain how simulation can help to improve responses to the crisis, what the key issues are with integrating simulation into organisations, and what to focus on when conducting simulations. We provide an overview of helpful resources and a collection of scenarios and support for centre-based and in situ simulations. Read more..

Computational Physics ..

Scherer, Philipp O.J.

Title
:Computational Physics
Author
:Scherer, Philipp O.J.;

Abstract :

This book is a compilation of the contents of a two-part course on computational physics which I have given at the TUM (Technische Universität München) for several years on a regular basis. It attempts to give the undergraduate physics students a profound background in numerical methods and in computer simulation methods but is also very welcome by students of mathematics and computational science who want to learn about applications of numerical methods in physics. This book may also support lecturers of computational physics and bio-computing. It tries to bridge between simple examples which can be solved analytically and more complicated but instructive applications which provide insight into the underlying physics by doing computer experiments. Read more..

Statistics and Analysis of Sci ..

Grundmann, Marius

Title
:Statistics and Analysis of Scientific Data
Author
:Grundmann, Marius;

Abstract :

This book introduces students to semiconductor physics and semiconductor devices. It brings them to the point where they can specialize and enter supervised laboratory research. It is based on the two-semester semiconductor physics course taught at Universität Leipzig in its Master of Science physics curriculum. Since the book can be followed with little or no pre-existing knowledge in solid-state physics and quantum mechanics, it is also suitable for undergraduate students. For the interested reader several additional topics are included in the book that can be covered in subsequent, more specialized courses. The material is selected to provide a balance between aspects of solid-state and semiconductor physics, the concepts of various semiconductor devices and modern applications in electronics and photonics. Read more..

A Conceptual Framework for Ana ..

Hevia, Constantino

Title
:A Conceptual Framework for Analyzing the Economic Impact of COVID-19 and its Policy Implications
Author
:Hevia, Constantino; Neumeyer, Andy;

Abstract :

The Covid-19 pandemic is one of the most serious challenges the world has faced in recent times. The total costin terms of human lives is yet to unfold. Alongside the cost of lives and deep health crisis, the world is witnessingan economic downfold that will severely impact the wellbeing of large parts of the population in the yearsto come. Some of the measures that are currently being used to counteract the pandemic may impact our futurelives in non-trivial ways. Understanding the association between different elements of the problem to broadenthe policy space, with full awareness of the economic and social effects that they may bring, is the purpose of thisseries.UNDP, as the development agency of the United Nations, has a long tradition of accompanying policymakingin its design, implementation, monitoring and evaluation. It has a mandate to respond to changing circumstances,deploying its assets to support our member states in Read more..

BPPT Pantau Pegawai Kerja dari ..

Dini Nur Asih

Title
:BPPT Pantau Pegawai Kerja dari Rumah Lewat Fabiola
Author
:Dini Nur Asih;

Abstract :

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menggunakan aplikasi Fabiola untuk memantau kinerja pegawai yang melakukan Work From Home (WFH) sebagai bentuk antisipasi penyebaran virus corona. Aplikasi yang merupakan singkatan dari Face Biometric Location Anthentication itu berfungsi sebagai presensi digital berbasis data, berdasarkan deteksi wajah dan lokasi. Di hari kedua pelaksanaan WFH, sekitar 2.000 pegawai BPPT melakukan absensi digital melalui ponsel pribadi. Aplikasi Fabiola yang dapat mencatat kedatangan dan kepulangan pegawai dari berbagai lokasi diyakini memiliki tingkat akurasi 100 persen pada biometric seseorang. Read more..

The New Normal Pasca-Covid-19, ..

Sihaloho, Markus Junianto

Title
:The New Normal Pasca-Covid-19, Lab di Setiap Bandara dan Pelabuhan
Author
:Sihaloho, Markus Junianto;

Abstract :

Pemerintah saat ini sudah mulai mewacanakan pelonggaran kegiatan, khususnya yang terkait bisnis. Tentu kebijakan ini akan membawa angin segar bagi sektor pariwisata yang sangat terpukul akibat pelarangan wisata. Masalahnya, diketahui juga bahwa resiko penularan corona akan semakin meningkat bila pintu bagi pendatang, termasuk wisatawan, dibuka. Maka kuncinya adalah bahwa setiap pendatang harus dites, demi memastikan mereka tidak akan membawa virus masuk ke Indonesia. Kuncinya adalah tracing. Tujuan akhirnya adalah tracing atau mengetahui terduga penderita sejak awal dan tampaknya uji coba kemampuan tersebut sedang dilaksanakan. BPPT sudah bisa membuat lab BSL2 mobile untuk mendukung kapasitas PCR 262 tes dalam 24 jam, BPPT bekerja sama dengan UGM, Unair dan PT Hepatika Mataram dalam proses uji validasi 10.000 rapid test antibody Read more..

Menristek: 10 Tren Baru Saat N ..

Erwin Prima

Title
:Menristek: 10 Tren Baru Saat New Normal Jadi Peluang Bagi Startup
Editor
:Erwin Prima;

Abstract :

Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) dan Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Bambang PS Brodjonegoro mengatakan ada sepuluh tren teknologi yang menjadi peluang baru bagi perusahaan rintisan atau startup Indonesia dalam normal baru.  Sepuluh tren teknologi itu adalah belanja dalam jaringan (daring), pembayaran digital (digital payment), teleworking atau bekerja dari rumah, pelayanan medis jarak jauh atau telemedicine, pendidikan (tele-education) dan pelatihan jarak jauh (tele-training), hiburan daring, rantai pasokan (supply chain 4.0), 3D printing, robot dan drone, serta teknologi 5G dan teknologi informasi dan komunikasi. Sepuluh tren teknologi tersebut tidak hanya akan terjadi selama masa darurat wabah Covid-19, namun diperkirakan menjadi masa depan baru bagi Indonesia dan dunia. Read more..

BPPT Pinjamkan Alat PCR Buatan ..

Zacharias Wuragil

Title
:BPPT Pinjamkan Alat PCR Buatannya ke Pemkot Tangerang Selatan
Editor
:Zacharias Wuragil;

Abstract :

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) meminjamkan satu unit alat analisa PCR applied biosystem 7300 kepada Pemerintah Kota Tangerang Selatan. Alat ini adalah produk inovasi PCR yang diuji menggunakan sampel virus corona Covid-19 pasien lokal Indonesia sehingga diharapkan lebih sensitif dan memiliki tingkat akurasi tinggi. Read more..

Peran Perempuan Perekayasa Dal ..

Humas BPPT

Title
:Peran Perempuan Perekayasa Dalam Penanganan Pandemi Covid-19
Author
:Humas BPPT;

Abstract :

21 April diperingati sebagai Hari Kartini yang merupakan moment penting untuk mengenang perjuangan Ibu Kartini sebagai pahlawan emansipasi wanita, yang telah memperjuangkan penyamaan hak serta derajat kaum wanita dengan kaum pria, baik dalam hal pendidikan dan perannya dalam kehidupan sosial bermasyarakat dan bernegara tanpa melupakan kodratnya sebagai seorang Ibu dalam sebuah keluarga. Fithri Nur Purnamastuti merupakan salah satu sosok Kartini diera milenial, Ia adalah Perekayasa Muda dari PTIPK (Pusat Teknologi Industri Pertahanan dan Keamanan) BPPT. Inovasi teknologi yang dilakukannya berkaitan dengan teknologi pertahanan dan keamanan seperti pengembangan teknologi rantis (kendaraan taktis), teknologi ranpur (kendaraan tempur), teknologi alutsista (alat utama sistim persenjataan), teknologi UAV (drone).   Read more..

BPPT Uji Jas Hazmat Produksi L ..

Humas BPPT

Title
:BPPT Uji Jas Hazmat Produksi Lokal
Author
:Humas BPPT;

Abstract :

Pakaian Hazmat atau yang biasa disebut dengan Hazmat kepanjangan dari (Hazedhazardousmaterials) merupakan baju pengaman yang sangat diperlukan dalam kondisi tertentu. Pakaian tersebut dirancang untuk melindungi pemakainya dari bahan atau zat berbahaya, seperti bahan-bahan kimia, atau agen biologis. Saat ini banyak para tenaga medis yang berjuang melawan virus Covid-19. Guna membantu dan melindungi tenaga medis dalam mengatasi pasien positif virus Corona maka diperlukannya ketersediaan Alat Pelindung Diri (APD). Terkait hal tersebut, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melakukan pengujian bahan material yang digunakan untuk Hazmat yang memiliki tingkat keamanan tinggi dalam menghadang partikel virus serta memenuhi standar kesehatan. Read more..

Perkuat Ekosistem Inovasi, BPP ..

Humas BPPT

Title
:Perkuat Ekosistem Inovasi, BPPT Bangun Sinergitas Bersama Perguruan Tinggi
Author
:Humas BPPT;

Abstract :

TFRIC-19 merupakan model ekosistem inovasi yang terbangun karena adanya dorongan “kebutuhan” bersama, dan karena ada rasa kebersamaan yang sangat kuat untuk berbuat sesuatu. BPPT bersama TFRIC-19 yang terdiri dari 11 lembaga litbang, 18 perguruan tinggi, 11 asosiasi/komunitas, 3 rumah sakit, 2 industri dan 6 start up telah bergerak cepat dengan menghilangkan sekat sekat antar institusi, antar kompetensi dan profesi guna menghasilkan produk inovasi yang siap digunakan dan diproduksi massal guna mendukung penanganan Covid-19. Diharapkan ini menjadi pembelajaran nasional yang baik dan harus disikapi dengan positif.  Sudah saatnya inovasi teknologi menjadi prioritas guna mensubstitusi impor dan ketahanan nasional guna mendorong tumbuhnya industri hulu dan industri antara, demikian disampaikan Kepala BPPT Hammam Riza saat Webinar dengan tema Membangun Sinergitas BPPT Bersama Perguruan Tinggi Swasta Dalam Penanganan Covid-19 yang diikuti beberapa perguruan tinggi swasta & Read more..

Pedoman dukungan kesehatan jiw ..

Diah Setia Utami

Title
:Pedoman dukungan kesehatan jiwa dan psikososial pada pandemi COVID-19
Author
:Diah Setia Utami; Budi Anna Keliat; Thika Marliana;

Abstract :

Buku ini membahas mengenai pedoman dukungan kesehatan jiwa dan psikososial terkait pandemi COVID-19 kepada masyarakat dengan tujuan khusus yakni: Orang sehat mendapatkan promosi dan pencegahan masalah kesehatan jiwa dan psikososial. Orang tanpa gejala (OTG) COVID-19 mendapatkan promosi dan pencegahan masalah kesehatan jiwa dan psikososial. Orang dengan pemantauan (ODP) COVID-19 mendapatkan promosi, pencegahan dan pemulihan masalah kesehatan jiwa dan psikososial. Pasien dengan pengawasan (PDP) COVID-19 mendapatkan promosi, pencegahan dan pemulihan masalah kesehatan jiwa dan psikososial. Pasien yang confirm COVID-19 mendapatkan promosi, pencegahan, pemulihan dan rehabilitasi masalah kesehatan jiwa dan psikososial. Read more..

Catatan tentang aspek kesehata ..

Inter-Agency Standing Comittee

Title
:Catatan tentang aspek kesehatan jiwa dan psikososial wabah COVID-19 versi 1.0
Author
:Inter-Agency Standing Comittee;

Abstract :

Catatan ini berisi rangkuman aspek dukungan kesehatan jiwa dan psikososial (DKJPS) utama terkait wabah coronavirus baru 2019 (COVID-19). Penjelasan ini terakhir diperbarui pada Februari 2020. Pada buku ini hal-hal yang dibahas adalah sebagai berikut: Dukungan Kesehatan Jiwa dan Psikososial (DKJPS) Respons kesehatan jiwa dan psikososial untuk COVID-19 Prinsip-prinsip umum respons DKJPS terhadap COVID-19 Kegiatan yang Dianjurkan secara Global sebagai bagian tanggapan terhadap COVID-19. Membantu lansia mengatasi stres selama wabah COVID-19 Mendukung kebutuhan penyandang disabilitas selama wabah COVID-19 Pesan dan kegiatan untuk membantu anak-anak menghadapi stres selama wabah COVID-19 Read more..

Pneumonia COVID-19 ..

Erlina Burhan

Title
:Pneumonia COVID-19
Author
:Erlina Burhan; Fathiyah Isbaniah; Agus Dwi Susanto;

Abstract :

Coronavirus merupakan virus RNA strain tunggal positif, berkapsul dan tidak bersegmen. Coronavirus tergolong ordo Nidovirales, keluarga Coronaviridae. Coronaviridae dibagi dua subkeluarga dibedakan berdasarkan serotipe dan karakteristik genom. Terdapat empat genus yaitu alpha coronavirus, betacoronavirus, deltacoronavirus dan gamma coronavirus. Coronavirus memiliki kapsul, partikel berbentuk bulat atau elips, sering pleimorfik dengan diameter sekitar 50-200m. Semua virus ordo Nidovirales memiliki kapsul, tidak bersegmen, dan virus positif RNA serta memiliki genom RNA sangat panjang. Struktur coronavirus membentuk struktur seperti kubus dengan protein S berlokasi di permukaan virus. Protein S atau spike protein merupakan salah satu protein antigen utama virus dan merupakan struktur utama untuk penulisan gen. Protein S ini berperan dalam penempelan dan masuknya virus kedalam sel host (interaksi protein S dengan reseptornya di sel inang).Coronavirus t Read more..

Pedoman umum menghadapi pandem ..

Safrizal

Title
:Pedoman umum menghadapi pandemi COVID-19 bagi pemerintah daerah
Author
:Safrizal; Danang Insita; Safriza Sofyan;

Abstract :

Pada pedoman ini dijelaskan kerangka sebagai berikut: 1. Ringkasan Eksekutif 2. Karakteristik COVID -19 dan Diagnosis Klinis 3. Diagnosis dan Penanganan COVID -19 4. Kebijakan Penanganan dan Pengendalian COVID -19 5. Prosedur Pelacakan dan Managemen Kontak Dekat 6. Strategi Mitigasi untuk Keluarga dan Komunitas 7. Pencegahan dan Pengendalian Infeksi 8. Penguatan Pemerintah Daerah dalam Penanganan dan Pengendalian COVID-19 9. Kesiapsiagaan Desa Menghadapi Pandemi COVID-19 10. Penutup 11. Lampiran-lampiran: Panduan dan Protokol Pedoman umum ini ditujukan bagi pemerintah daerah sebagai acuan dalam melakukan kesiapsiagaan menghadapi 2019-nCoV. Pedoman umum ini disusun dengan mengadopsi Panduan Menghadapi Penyakit Virus Corona 2019 Model RRC yang dikeluarkan oleh People’s Medical Publishing House serta disarikan dari berbagai sumber referensi lainnya. Read more..

Siap Diproduksi Alat Uji PCR C ..

Humas BPPT

Title
:Siap Diproduksi Alat Uji PCR Covid-19 Buatan Indonesia
Author
:Humas BPPT;

Abstract :

BPPT melalui Indonesia Task Force Riset dan Inovasi Teknologi untuk Penanganan Covid-19 (TFRIC19), sebentar lagi dapat memproduksi sendiri test kit Polymerase Chain Reaction (PCR) secara mandiri dan sedang diproduksi oleh PT Biofarma. Dengan menggunakan sample Covid-19 orang Indonesia asli, maka menurut Deputi Bidang Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi BPPT Soni Solistia Wirawan, sensitivitas alat tersebut dalam mendeteksi keberadaan virus penyebab Covid-19 di tubuh manusia Indonesia menjadi lebih tinggi dibanding alat tes lain yang diproduksi dari luar negeri yang menggunakan sample dari negara mereka sendiri.[LDR]   Read more..

Pedoman penggunaan herbal dan ..

Penny Kusumastuti Lukito

Title
:Pedoman penggunaan herbal dan suplemen kesehatan dalam menghadapi COVID-19 di Indonesia
Author
:Penny Kusumastuti Lukito;

Abstract :

Buku Pedoman Penggunaan Herbal dan Suplemen Kesehatan dalam Menghadapi COVID-19 di Indonesia merupakan informasi mengenai penggunaan herbal dan suplemen kesehatan di saat krisis pandemi ini, khususnya untuk tujuan memelihara dan meningkatkan daya tahan tubuh dan kesehatan secara umum. Daya tahan tubuh merupakan aspek penting bagi manusia untuk melawan infeksi virus, salah satunya adalah virus penyebab COVID-19. Read more..

Presiden Jokowi Dorong Produks ..

Humas BPPT

Title
:Presiden Jokowi Dorong Produksi Massal Alat Kesehatan Buatan Lokal
Author
:Humas BPPT;

Abstract :

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi terobosan yang dilakukan Kementerian Riset dan Teknologi dan Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) bersama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) yang telah mengembangan test kit non-PCR, PCR corona, laboratorium bergerak dengan bio safety level (BSL) 2 serta ventilator. Dari hasil pengembangan tersebut selanjutnya harus dilakukan produksi massal sehingga tidak lagi tergantung pada produk-produk impor. Diharapkan setidaknya pada akhir Mei atau awal Juni bisa diproduksi. Demikian disampaikan Presiden Joko Widodo pada saat memimpin rapat terbatas mengenai percepatan penanganan pandemi Covid-19 secara telekonferensi dari Istana Merdeka (11/5). Read more..

Mobile Laboratorium Buatan Dal ..

Humas BPPT

Title
:Mobile Laboratorium Buatan Dalam Negeri Siap Digunakan
Author
:Humas BPPT;

Abstract :

Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Hammam Riza meninjau pembangunan Mobile Lab Bio Safety Level-2 (Mobile Lab BSL 2)  yang merupakan upaya BPPT dalam mendukung percepatan penanganan Covid-19 serta mendukung dokter dan tenaga medis yang berjuang di lini depan. Mobile Lab BSL 2 BPPT ini bertujuan untuk melakukan pengujian PCR-Covid-19 di lokasi yang sulit mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai. Mobile Lab BSL 2 telah mengikuti standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Laboratorium itu juga dilengkapi sejumlah peralatan yang mendukung pemeriksaan swab Covid-19, antara lain peralatan PCR untuk tes swab Covid-19, biosafety cabinet, dan sistem pemprosesan limbah medis. Mobile lab ini dibuat dari kontainer sehingga bisa dipindah ke daerah-daerah dalam epicenter Covid-19. [LDR] Read more..

BPPT Wujudkan Ekosistem Inovas ..

Humas BPPT

Title
:BPPT Wujudkan Ekosistem Inovasi Teknologi, Hadirkan Alkes Buatan Lokal, Untuk Penanganan Pandemi Covid-19
Author
:Humas BPPT;

Abstract :

Pemerintah terus menyiapkan sejumlah langkah dalam peningkatan upaya penanganan pandemi virus corona (Covid-19) yang terus mewabah di tanah air. Satu diantaranya melalui peran inovasi dan teknologi yang kini tengah difokuskan dalam sinergi kelembagaan bernama 'Task Force Riset dan Inovasi Teknologi untuk Penanganan Covid-19 (TFRIC-19) yang dipimpin oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). TFRIC-19 merupakan model ekosistem inovasi yang terbangun karena adanya dorongan “kebutuhan” bersama, dan karena ada rasa kebersamaan yang sangat kuat untuk berbuat sesuatu. Untuk itu ekosistem inovasi yang sudah terbangun ini harus diteruskan dan diberi penguatan. Berbagai produk inovasi karya anak bangsa pun telah dihasilkan dari sinergi ini yang memang difokuskan untuk penanganan pandemi Covid-19. Saat ini TFRIC-19 telah melakukan akselerasi dalam mengembangkan produk inovasi alat kesehatan untuk mendukung penanganan wabah Covid-19.  Beberapa pro Read more..



Berita Terkini BPPT