Login here
Username

Password

Login as : or librarian

Forgotten password?
Welcome to BPPT library

BPPT library offers public and internal members during open hours. We also offers searching, photocopy, CD-Rom, online catalog, and hotspot service.

Contact us

Outlook Teknologi Pangan 2018 ..

Socia Prihawantoro

Title
:Outlook Teknologi Pangan 2018 : Inisiatif pengembangan industri berbasis sagu, jagung, dan ubi kayu
Author
:Socia Prihawantoro;

Abstract :

Buku Outlook Teknologi Pangan 2018 ini diterbitkan oleh
Pusat Pengkajian lndustri Proses dan Energi, Badan Pengkajian dan
Penerapan Teknologi (BPPT), sebagai kelanjutan dari Outlook Teknologi
Pangan yang diterbitkan  sejak tahun  2016, sekaligus   sebagai
pertanggungjawaban kepada publik atas kegiatan yang dibiayai oleh anggaran
negara.
Buku ini memberikan gambaran ringkas mengenai permasalahan
pengembangan teknologi untuk menunjang diversifikasi (penganekaragaman)
pangan karbohidrat pengganti beras, serta mengangkat bahan pangan lokal.
Pembahasan difokuskan pada komoditas pangan sagu, jagung dan ubi kayu.
Ketiga komoditas tersebut memiliki sejarah panjang dalam tradisi pangan
masyarakat Indonesia. Namun, seiring arus modernisasi dan globalisasi, saat
ini komoditas pangan tersebut harus bersaing dengan banyak bahan pangan
yang lain.
Di dalam buku ini disampaikan data historis produksi dan kebut Read more..

Outlook Teknologi Kesehatan 20 ..

Adiarso

Title
:Outlook Teknologi Kesehatan 2018 : Inisiatif Pengembangan Teknologi dan Industri Biofarmasi
Author
:Adiarso; Bambang Marwoto;

Abstract :

Buku Outlook Teknologi Kesehatan 2018 ini diterbitkan oleh Pusat Pengkajian Industri Proses dan Energi,

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), sebagai kelanjutan dari Outlook Teknologi
Kesehatan yang diterbitkan sejak tahun 2016, sekaligus sebagai pertanggungjawaban kepada
publik atas kegiatan yang dibiayai oleh anggran negara.
Buku ini memberikan gambaran ringkas mengenai permasalahan pengembangan teknologi
dan industri obat-obatan produk biologi atau biofarmasi di Indonesia. Pemilihan produk biologi
didasari kenyataan bahwa di dunia sedang terjadi pergeseran penggunaan obat dari produk obat
kimia menuju produk biologi. Pembahasan difokuskan pada produk biologi berupa vaksin,
biosimilar dan sel punca.
Isi buku ini diawali dengan gambaran mengenai demografi dan pergeseran pola penyakit di
Indonesia. Kemudian, data tentang teknologi, riset, dan industri vaksin, biosimilar dan sel punca
di Indonesia disampaikan termas Read more..

Kultur jaringan : Teori dan pr ..

Netty Widyastuti

Title
:Kultur jaringan : Teori dan praktik perbanyakan tanaman secara in-Vitro
Author
:Netty Widyastuti; Jesicca Deviyanti;

Abstract :

Usaha memperoleh suatu individu baru dari satu sel atau jaringan dikenal sebagai kultur in-vitro atau kultur jaringan. perbanyakan tanaman melalui kultur jaringan merupakan bagian dari bioteknologi yang dikembangkan dalam upaya untuk membantu perbanyakan  tanaman dan mendapatkan bibit ungul dalam waktu yang relatif singkat, khususnya untuk tanaman yang sulit dikembangbiakkan secara generatif.  Bibit yang dihasilkan dari kultur jaringan mempunyai beberapa keunggulan, antara lain mempunyai sifat yang identik dengan induknya, kecepatan tumbuh  bibit lebih cepat, dalam skala besar dapat diperbanyak dalam waktu yang singkat dan tidak terlalu membutuhkan tempat yang luas, kesehatan dan mutu bibit lebih terjamin dibandingkan dengan perbanyakan konvensional.  Buku ini membahas secara lengkap tentang tekni perbanyakan tanaman dengan kultur jaringan yang meliputi pengenalan kultur jaringan, laboratorium, ZPT, media, sterilisasi, teknologi kultur jaringan, mikropropagasi, k Read more..

Manajemen bencana : Pengantar ..

Wignyo Adiyoso

Title
:Manajemen bencana : Pengantar & Isu-isu strategis
Author
:Wignyo Adiyoso;

Abstract :

Takdir  menempatkan Indonesia berada di pertemuan tiga lempeng tektonik, jadi pantas dijuluki super market bencana. Bencana sudah menjadi bagian kesehatian kita.  Frekuensinyapun tak terbilang. Bukan lagi per bulan, hari atau jam.  Tapi bahkan setiap menit dan setiap detik terjadi bencana. Isu bencana  menjadi magnet publik sekaligus tragedi bagi korban bencana. bencana selalu membetot nalar kemanusiaan dan mengetuk pintu niba setiap insan.  Meskipun  informasi bencana bertebaran, sayangnya di  Indonesia  masih sedikit buku tentang manajemen  kebencanaan secara lengkap, komprehensif dan mengkaitkan dengan isu-isu strategis kebencanaan yang melingkupinya.  Buku ini berisi : Konsep, pengertian dan dimensi-dimensi bencana; Karakteristik dan jenis ancaman bencana; Konsep risk assessment dan risk management; Konsep risk perception and risk communication; kebijakan dan strategi nasional manajemen bencana;  Siklus manajemen bencana (mi Read more..

Bunga Rampai Pemodelan Komputa ..

Mardi Wibowo

Title
:Bunga Rampai Pemodelan Komputasi Untuk Mitigasi Bencana Pantai
Author
:Mardi Wibowo; Wahyu Hendriyono;

Abstract :

Indonesia merupakan negara maritim dan memiliki kawasan pesisir yang sangat kaya potensi sumber daya kelautan. Di sisi lain kawasan pesisir di Indonesia merupakan daerah yang sangat rawan terhadap bencana alam pantai yang dapat mengganggu dan merusak sumber daya tersebut (risiko tinggi). Wilayah pesisir  Indonesia rawan terhadapberbagai bencana pantai alam seperti banjir rob, tsunami, dan bencana  pantai karena kegiatan  manusia seperti pencemaran akibat tumpahan minyak dan air  bahang dari Pusat Listrik tenaga Uap (PLTU).  Bencana pantai tersebut akhir-akhir ini  semakin sering terjadi dan berisiko tinggi terhadap manusia dan lingkungan, sehingga  sangat perlu untuk ditentukan tindakan mitigasi secepatnya. Mitigasi adalah serangkaian  upaya untuk mengurangi risiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi  ancaman bencana. Untuk menentukan tindakan mitigasi yang tepat perlu mengetahui Read more..

Gelombang Transformasi Teknolo ..

Agus Supriyanto

Title
:Gelombang Transformasi Teknologi Nasional : 5 Windu Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi berinovasi
Author
:Agus Supriyanto; Ardi Matutu Pongtularan;

Abstract :

Penyusunan buku ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan  lima windu atau 40 tahun BPPT, 21 Agustus 2018. Pada bagian pendahuluan  berisi mengenai profil BPPT, sejarah singkat perjalanan, mulai sejak  cikal bakalnya ATP (Advance Technology Pertamina ) , visi & misinya, serta peranannya dan analisis pasang surut  perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.  Bagian kedua ringkasan perjalanan yang disusun dalam bentuk informasi grafis tentang peristiwa-peristiwa penting pada setiap periodesasi, para tokoh, gagasan, serta milestone atau pencapaian-pencapaian berupa produk kajian maupun inovasi. Bagian ketiga bercerita mengenai peran para aktor utamanya mulai dari founding father BPPT, Prof. Dr. Ing B. J. Habibie, hinga era Kepala BPPT yang dipimpin Dr. Ir. Unggul Priyanto, M.Sc. Bagian keempat merangkum berbagai pandangan  dari para pelaku dan pemangku kepentingan BPPT mengenai lesson learned dari kiprah BPPT dan bagaim Read more..

Peluang investasi di kawasan a ..

Alkadri

Title
:Peluang investasi di kawasan andalan Tolitoli
Author
:Alkadri; Hamid;

Abstract :

Hingga kini masih banyak investor yang enggan menanamkan modalnya di daerah-daerah yang dianggap kurang memiliki infrastruktur wilayah yang memadai  dan banyak peraturan daerah yang tidak investment friendly. Padahal peluang investasi di daerah-daerah seperti itu sangat banyak. Buku ini berupaya mengungkap berbagai peluang investasi di Kawasan Andalan Tolitoli, sebuah wilayah strategis di belahan utara Provinsi Sulawesi Tengah. peluang investasi yang diungkap tidak hanya di sektor pertanian, melainkan juga untuk pembangunan  pembangkit tenaga listrik dan pengembangan elabuhan laut. Buku ini juga mengemukakan berbagai insentif yang bisa ditawarkan oeh pengelola Kawasan Andalan Tolitoli sebagai salah satu daya tarik bagi investor, selain keuntungan dari berinvestasi.

Read more..

Pemberdayaan Ekonomi Masyaraka ..

Atang Sulaeman

Title
:Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Penataan Wajah Kota dan Pengembangan Industri Kreatif Melalui Sistem Inovasi Daerah di Kota Salatiga
Author
:Atang Sulaeman; Ermawan Darma S.; Retno Herwati;

Abstract :

Penguatan Sistem Inovasi Daerah (SIDa) merupakan salah satu pendekatan yang kita gunakan untuk mempercepat dan meningkatkan kualitas pencapaian target-target pembangunan Kota Salatiga. Dalam melaksanakan penguatan sistem inovasi ini, diperlukan adanya komitmen, konsistensi, dan kesungguhan dari seluruh jajaran birokrasi, akademisi, bisnis dan masyarakat (ABG+C) di Kota Salatiga. Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui penataan wajah kota dan pengembangan industri kreatif melalui Sistem Inovasi Daerah di kota Salatiga diharapkan akan membawa kesejahteran  masyarakat.

Read more..

Pengkajian Standar Operasional ..

Jaizuluddin Mahmud

Title
:Pengkajian Standar Operasional Prosedur Pusat Inovasi ST2P Pelalawan
Author
:Jaizuluddin Mahmud; Dudi Iskandar;

Abstract :

Pusat Inovasi Sekolah Tinggi Teknologi Pelalawan (PI-ST2P) mempunyai tugas utama melakukan inkubasi tenant hingga menjadi Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT). Unit ini lahir tahun 2016 atas kerjasama antara Kedeputian Pengkajian Kebijakan Teknologi (PKT) BPPT  dengan ST2P. Sebagai lembaga baru, PI-ST2P memerlukan banyak penguatan antara lain dokumen Standar Operasional Prosedur (SOP) yang menjadi pedoman dalam melakukan proses inkubasi. Buku ini disusun dalam rangka memperkaya data dan informasi bagi PI-ST2P dalam menyusun SOP.

Read more..

Outlook Energi Indonesia 2018 ..

Yudiartono

Title
:Outlook Energi Indonesia 2018 : Energi Berkelanjutan untuk Transportasi Darat
Author
:Yudiartono;

Abstract :

Indonesia’s economy in the last 5 years continues to improve along with the consistent infrastructure development that focuses
on equitable distribution. The Government maintains the momentum of economic improvement by continuing to promote
sustainable development. Transportation infrastructure is one aspect that gets the Government’s attention to progress further.
The development of transportation system leads to the development of mass transportation modes for urban areas, the
development of national rail networks, as well as modes integration and network integration to airports.
BPPT as a government agency that conducts assessment and application of technology in Indonesia is committed to push
forward the advance of national development through technological innovation. One form of BPPT’s contribution in supporting
government programs is the publication of Outlook Energy Indonesia. BPPT’s Outlook Energy Indonesia has been Read more..

Peran matematika, sains dan te ..

Lina Warlina

Title
:Peran matematika, sains dan teknologi dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan / SDGs
Author
:Lina Warlina; Sri Harijati;

Abstract :

Buku ini berisi karya ilmiah para dosen FMIPA UT untuk Program Studi Bidang Matematika, Statistika, Bioogi, Agribisnis, Teknologi Pangan, Perencanaan Wilayah Kota , serta Program Studi Sistem Informasi  tahun 2018.

Read more..

Panduan Inpassing Perekayasa d ..

Suhendar I. Sachoemar

Title
:Panduan Inpassing Perekayasa dan Teknisi Litkayasa 2018
Author
:Suhendar I. Sachoemar;

Abstract :

Read more..

Peta Data Jabatan Fungsional P ..

Suhendar I. Sachoemar

Title
:Peta Data Jabatan Fungsional Perekayasa Edisi 1
Author
:Suhendar I. Sachoemar;

Abstract :

Read more..

Peta Data Jabatan Fungsional T ..

Suhendar I. Sachoemar

Title
:Peta Data Jabatan Fungsional Teknisi Litkayasa Tahun 2018 Edisi 1.
Author
:Suhendar I. Sachoemar;

Abstract :

Read more..

Reinventing kampung kota : Kon ..

Tusy A. Adibroto

Title
:Reinventing kampung kota : Konsep implementasi pendekatan Sistem Inovasi Daerah (SIDa) dalam revitalisasi kawasan pariwisata multistrata Kebon Sirih
Author
:Tusy A. Adibroto; Annisa Wardhani;

Abstract :

Salah satu kelurahan di Provinsi DKI Jakarta  yaitu Kelurahan Kebon Sirih merupakan wilayah yang paling dekat lokasinya dengan pusat pemerintahan nasional dan pusat pemerintahan provinsi DKI Jakarta. Wilayah tersebut dahulunya sudah lama menjadi kawasan peruntukan pariwisata multistrata khususnya "backpaker" dari wisatawan mancanegara serta memiliki ciri khas  adana berbagai macam kuliner yang banyak dijumpai di kawasannya , yang melayani baik untuk wisatawan backpacker tersebut maupun para karyawan  dari pusat perkantoran di sekitarnya.  Akan tetapi, ekspansi modal akibat strategisnya lokasi kawasan Kebon Sirih yang berada dalam kawasan premium Jakarta, ditambah lagi dengan terbitnya regulasi pelarangan usaha kuliner kaki lima di pinggir jalan sepanjang jalan Jaksa berdampak pada semakin  sepinya pengunjung yang datang ke kawasan ini.  Padahal, sebenarnya banyak potensi, bai dari segi masyarakat maupun lingkungan yang dapat dikembangkan secara signifik Read more..

Food for all : New perspective ..

Indroyono Soesilo

Title
:Food for all : New perspectives on food availability, accessibility, affordability and safety
Author
:Indroyono Soesilo;

Abstract :

Read more..

Food for all : New perspective ..

Indroyono Soesilo

Title
:Food for all : New perspectives on food availability, accessibility, affordability and safety (Executive summary)
Author
:Indroyono Soesilo;

Abstract :

Read more..

Iptek Pertahanan Penopang Indo ..

Indroyono Soesilo

Title
:Iptek Pertahanan Penopang Indonesia Poros Maritim Dunia
Author
:Indroyono Soesilo;

Abstract :

Dengan disahkannya United Nations Convention on Law of The Seas (UNCLOS) 1982 atau dikenal Hukum Laut Internasional, maka luas laut Indonesia beserta Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia (ZEEI) menjadi 5,1 juta km2.  Seluruh perairan dalam Nusantara adalah wilayah laut teritorial NKRI. Kapal asing memang masih boleh lewat, namun hanya melalui jalur ALKI I, ALKI II, dan ALKI III. Berlayar di luar ALKI tanpa izin berarti melanggar kedaulatan RI dan harus berhadapan dengan kapal-kapal perang TNI AL yang terdiri dari kapal perang atas air dan bawah air (kapal selam).  Sat ini Indonesia menuju kemandirian pembangunan kapal-kapal erang modern. Tak hana itu, kekuatan senjata peluru kendali yang semakin modern juga dijejalkan ke dalam kapal-kapal perang TNI-AL.  Pada 13 Oktober 2012 misalnya, berhasil diuji coba rudal yakhont dari kapal perang KRI Oswald Siahaan 354 di Laut Sulawesi. Uji coba berlangsung sukses, yakhont mampu menghantam sasaran  pada jarak 300 km.  Fakt Read more..

Indonesia's Candidate to the D ..

Indroyono Soesilo

Title
:Indonesia's Candidate to the Director General of Food and Agriculture Organization (FAO) for the period of 2012 - 2015
Author
:Indroyono Soesilo;

Abstract :

Read more..

Prosiding Pertemuan ilmiah Nas ..

Kardono

Title
:Prosiding Pertemuan ilmiah Nasional Teknologi Lingkungan Tema : Aplikasi Teknologi Lingkungan untuk meningkatkan Kesejahteraan Rakyat
Editor
:Kardono; Yudhi Soetrisno Garno; Titin Handayani;

Abstract :

Prosiding Pertemuan Ilmiah Nasional Teknologi Lingkungan yang diadakan ketiga kalinya di Pusat Teknologi Lingkungan pada hari Rabu tanggal 27 April 2016 ini diikuti oleh 43 pemakalah yang terdiri dari 3 Pusat di Kedeputian TPSA BPPT. Makalah yang disampaikan dibagi dalam 3 aspek yaitu : Aspek aplikasi untuk pengelolaan sampah, aspek aplikasi untuk konservasi air dan aspek aplikasi untuk perencanaan pemulihan kualitas lingkungan hidup.

Read more..

Visi Teknologi Informasi dan K ..

Arief Sartono

Title
:Visi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Indonesia 2045 : Sebuah Kajian
Author
:Arief Sartono; Yaya Suryana;

Abstract :

Teknologi baik yang baru maupun yang masih berkembang terus bermunculan menuju era baru ekonomi ke tingkatan berikut dari terobosan, kesempatan dan dampak yang belum pernah ada sebelumnya, penuh inovasi, sarat pengetahuan dan kolaboratif. Teknologi ini mendefinisikan kembali lanskap sosio-ekonomi global dan membuat kabur garis pembatas antara manusia dan mesin. Banyak sekali kesempatan untuk mewuudkan penciptaan nilai menuju peningkatan kesejahteraan masyarakat, produktivitas, efisiensi operasional dan keramahan lingkungan.  Tren seperti  urbanisasi yang terjadi secara cepat, pergeseran demografis dan terobosan teknologi memicu dampak yang cenderung disruptive pada individu, masyarakat, industri dan negara.  Diperlukan kajian bagaimana visi suatu teknologi dibentuk, yang ditujukan untuk mendorong munculnya keputusan-keputusan yang lebih baik, memfasilitasi pemikiran ke depan dan meningkatkan kesiapan untuk berubah. Isi buku ini merupakan rekomendasi  yang bisa di Read more..

Inovasi Menuju Kabupaten Pelal ..

Atang Sulaeman

Title
:Inovasi Menuju Kabupaten Pelalawan Emas (Ekonomi Mandiri Aman dan Sejahtera)
Author
:Atang Sulaeman; Ermawan Darma S.; Anita Yustisia;

Abstract :

Kabupaten Pelalawan merupakan merupakan salah satu Kabupaten yang berada di Provinsi riau. Kabupaten ini telah melaksanakan pembangunan/penguatan sistem inovasi secara konsisten, paling tidak dalam 10 tahun ini dan sampai saat ini sudah terbukti memberikan hasil positif. Buku ini antara lain berisi tentang perencanaan pembangunan sistem inovasi Kabupaten Pelalawan dalam menuju pencapaian visinya, yaitu Inovasi Menuju Kabupaten Pelalawan EMAS.

Read more..

Rancang Bangun & Rekayasa Pabr ..

Erzi Agson Gani

Title
:Rancang Bangun & Rekayasa Pabrik Gula Modern Terpadu Glenmore : Terobosan Anak Bangsa Menuju Kemandirian Industri Gula Nasional
Author
:Erzi Agson Gani; Barman Tambunan;

Abstract :

Buku ini menjelaskan kolaborasi  BPPT dengan PTPN XII  dalam mengembangkan  Front End Engineering Design (FEED) pada Pabrik Gula Glenmore yang  modern dan terpadu kapasitas 6000 TCD, di Banyuwangi.

Read more..

Inovasi Teknologi Penyediaan A ..

Rudi Nugroho

Title
:Inovasi Teknologi Penyediaan Air Siap Minum untuk Lingkungan Asrama Universitas Teknologi Mataram (UTS)
Author
:Rudi Nugroho; Muhammad Hanif;

Abstract :

Untuk memenuhi kebutuhan air minum penghuni asrama di lingkungan Universitas Teknologi Sumbawa, BPPT merancang unit penyedia air siap minum dengan kapasitas 5000 L/hari. Jika kebutuhan air minum perhari untuk orang dewasa diasumsikan sebesar 2 L, maka unit penyedia arsinum dengan kapasitas tersebut dapat memenuhi kebutuhan sebanyak 2500 siswa. Sistem penyedia arsinum yang dibangun tersebut merupakan paduan modul sistem penyaringan ultra (ultra filtration) dengan modul sistem osmosis balik (reverse osmosis)

Read more..

Bunga Rampai Aplikasi Teknolog ..

Rudi Nugroho

Title
:Bunga Rampai Aplikasi Teknologi Pengolahan Sumberdaya Air
Author
:Rudi Nugroho; Setiyono; Muhammad Hanif;

Abstract :

Buku ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang alternatif teknologi pengelolaan sumberdaya air dan limbah kepada para peneliti dan perekayasa khususnya serta pada masyarakat pada umumnya. Terutama dalam hal pengendalian  daya rusak dan sistem informasi  sumberdaya air. Berdasarkan UU No 7 tahun 2004, pembahasan dikelompokan menjadi 3 aspek yaitu : 1. Aspek Pengelolaan Konservasi sumberdaya Air 2. Aspek Pengelolaan Pendayagunaan Sumberdaya Air  3. Aspek pengelolaan sistem Informasi Sumberdaya Air.

Read more..

Banjir Kanal Timur : Karya Ana ..

Robert Adhi Ksp

Title
:Banjir Kanal Timur : Karya Anak Bangsa
Author
:Robert Adhi Ksp;

Abstract :

Banjir Kanal Timur adalah proyek monumental, kebanggaan bangsa Indonesia. BKT sepanjang 23,5 km ini dibangun oleh kontraktor Indonesia dan dari kantong Indonesia (APBN dan APBD). BKT menjadi model bagi pembangunan proyek infrastruktur strategis lainnya di Indonesia. BKT tidak menghilangkan banjir di Jakarta, akan tetapi mengurangi risiko banjir dan menyelamatkan dua juta warga Jakarta Timur dan sebagian Jakarta Utara dari ancaman banjir rutin.  BKT akan menjadi promenade, show window daerah aliran sungai di Jakarta dengan penataan yang asri dan hijau. Di kiri dan kanan sepanjang BKT dibangun taman nan hijau, termasuk jogging track dan jalur sepeda yang nyaman. BKT menjadi tonggak sejarah pembangunan infrastruktur kota Jakarta.

Read more..

Panduan Penerapan Teknologi Pe ..

Rudi Nugroho

Title
:Panduan Penerapan Teknologi Pengolahan Air Berbasis Masyarakat
Author
:Rudi Nugroho; Ressy Oktivia; Wieharja;

Abstract :

Pemenuhan kebutuhan air bersih dan air minum merupakan kebutuhan vital bagi masyarakat. Selama ini, pemerintah telah berupaya menetapkan target target yang terstruktur. dalam kurun waktu 2010  sampai dengan 2015, Millenium Development Goals (MDGs) Indonesia mentargetkan akses air minum di tahun 2015 sebesar 68,87%. Angka ini sudah tercapai dengan nilai 70,9% di tahun 2015.  Pada RPJMN 2015-2019, ditargetkan  akses air minum yang layak bagi  masyarakat  mencapai 100% pada tahun 2019. keterbatasan Pemerintah daerah dalam hal kemampuan teknologi pengolahan air yang tepat bagi daerah seperti tersebut diatas, merupakan suatu kendala yang berarti dalam upaya mengatasi permasalahan pemenuhan kebutuhan air bersih tersebut. Pada umumnya teknologi yang dimiliki oleh  PDAM adalah teknologi konvensional sehingga tidak mampu mengelola air payau atau air asin untuk menghasilkan air minum. BPPT telah membangun Unit Air Siap Minum (ARSINUM) sistem Reverse Osmosis denga Read more..

Bunga Rampai Aplikasi Teknolog ..

Sri Wahyono

Title
:Bunga Rampai Aplikasi Teknologi Lingkungan Dalam Konservasi Energi
Author
:Sri Wahyono; Sarkiwan; Arif Dwi Santoso;

Abstract :

Buku ini merupakan buku diseminasi teknologi semi praktis yang berisi hasil penelitian dan rekayasa tentang aplikasi teknologi dalam bidang konservasi energi. Buku Bunga Rampai ini berisi 8 bahasan yang akan mengajak kita untuk menelaah lebih jauh  tentang proses manajemen penanganan sampah skala menengah menjadi produk kompos dengan kualitas baik. Buku ini juga membahas produk kompos untuk berbagai aplikasi teknis pertanian dan perikanan di lapangan.

Read more..

Executive Sumary Kongres Tekno ..

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi

Title
:Executive Sumary Kongres Teknologi Nasional 2017
Author
:Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi;

Abstract :

Buku Executive Summary Kongres Teknologi Nasional 2017 berisi  rekomendasi Bidang Teknologi Kesehatan, Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi  serta rekomendasi Bidang Teknologi Transportasi  di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi.

Read more..

Pengendalian dan penjaminan mu ..

Ramly Usman

Title
:Pengendalian dan penjaminan mutu : Konsep, metode, dan analisis
Author
:Ramly Usman;

Abstract :

Pengendalian dan penjaminan mutu merupakan suatu ilmu yang dibutuhkan bagi mahasiswa maupun lainnya yang mendalami keilmuan di bidang industri atau rekayasa untuk mengendalikan dan menjamin mutu suatu produk atau layanan jasa, embahasan difokuskan pada konsep, metode, analisis dalam rekayasa dan teknik komputasi tentang kendali mutu secara statistik dan analisis prosedur.  Lingkup pembahasan meliputi lima bagian, pertama tentang definisi mutu, sejarah pengendalian dan penjaminan mutu, manajemen dan sistem mutu, strategi dan program mutu, biaya mutu; kedua tentang prinsip, metode, konsep dan rekayasa peningkatan mutu; ketiga tentang konsep dan aplikasi metode statistik dalam mengendalikan mutu; keempat teknik komputasi statistik proses kendali mutu; dan analisis kendali mutu dengan menggunakan peta kendali; dan kelima prosedur, konsep dan metodologi untuk menerima atau menolak suatu material atau part dalam jumlah banyak.

Read more..

Buku kebijakan keamanan inform ..

Imam Setyawan

Title
:Buku kebijakan keamanan informasi
Author
:Imam Setyawan;

Abstract :

Buku  keamanan  informasi  BPPT ini  disusun sebagai pokok bagian dari  kebijakan pengelolaan informasi, untuk menyusun tata kelola yang baik dalam rangka terbentuknya e-Government yang baik. Buku ini secara normatif  mengikuti rencana induk Teknologi Informasi di BPPT, menggunakan referensi acuan standar SNI/ISO 9001 : 2008 Tentang Sistem Manajemen Mutu dan ISO/IEC 270001 : 2013 Tentang Information Security Manajemen System. Buku ini lebih lanjut membahas  Struktur Kebijakan Keamanan Informasi; Kebijakan Keamanan Informasi; Organisasi Keamanan informasi; SDM Keamanan Informasi; Manajemen Aset; Pengendalian Akses; Kriptografi; Keamanan Fisik Lingkungan; Keamanan Operasi; Keamanan Komunikasi; Akuisisi, pengembangan, pemeliharaan sistem; Hubungan Pemasok; Manajemen  Kelangsungan Bisnis Aspek keamanan Informasi dan Kepatuhan.

Read more..

Risiko multi bencana pada kawa ..

Dwi Abad Tiwi

Title
:Risiko multi bencana pada kawasan strategis provinsi Banten
Author
:Dwi Abad Tiwi; Qoriatu Zahro; Deliyanti Ganesha;

Abstract :

Kawasan Strategis Nasional merupakan kawasan-kawasan khusus yang memiliki peran penting baik dalam bidang ekonomi maupun pertahanan, keamanan dan kebudayaan. Payung kebijakan untuk Kawasan strategis Nasional ini telah dibuat dan dirincikan hingga level Kota/Kabupaten. Namun demikian, beberapa kebijakan yang sudah ada belum secara spesifik membicarakan mengenai aspek bencana, baik bahaya maupun risikonya.  Pusat Teknologi reduksi Risiko Bencana BPPT, hadir untuk membahas aspek bencana ini secara komprehensif.  Buku ini merupakan rangkaian dari Kajian Risiko Bencana Kawasan Strategis Nasional Banten dan Lampung. Kedua kawasan ini memiliki geo-ekonomi yang sangat kuat sehingga layak untuk diangkat sebagai satu kesatuan bahasan ekonomi wilayah.

Read more..

Risiko multi bencana pada kawa ..

Dwi Abad Tiwi

Title
:Risiko multi bencana pada kawasan strategis provinsi Lampung
Author
:Dwi Abad Tiwi; Qoriatu Zahro; Deliyanti Ganesha;

Abstract :

Kawasan strategis nasional adalah kawasan yang diprioritaskan pembangunannya dalam rangka mempercepat pembangunan ekonomi secara nasional, antara lain dengan investasi pada berbagai pembangunan infrastruktur penting dan mahal. Kawasan Strategis Nasional Selat Sunda telah ditetapkan untuk mempercepat pembangunan ekonomi wilayah terutama di Provinsi Lampung dan Provinsi Banten. Kawasan ini juga berada pada kawasan yang rentan terhadap bencana alam antara lain gempabumi, tsunami, banjir, dan longsor. Keberadaan kawasan strategis dengan paparan multi bencana tersebut memerlukan kajian dan pemetaan risiko multi bencana, sehingga akan diketahui luasan dan lokasi kawasan strategis serta tingkat risiko multi bencana yang dihadapi.

Read more..

Kajian pengendalian dan penang ..

Heru Sri Naryanto

Title
:Kajian pengendalian dan penanggulangan bencana banjir di Kabupaten Serang
Author
:Heru Sri Naryanto; Prihartanto; Wiwik Dwi Susanti;

Abstract :

Bencana banjir kerap dijumpai di Provinsi Banten, bahkan ada beberapa wilayah mempunyai jadwal banjir tahunan. Beberapa wilayah kabupaten di Provinsi Banten yang langganan terkena banjir disebabkan oleh pengelolaan debit air yang belum optimal misalnya hujan deras yang lama serta kondisi daerah pengaliran sungai yang tidak mampu menahan air hujan, akan menimbulkan permukaan aliran air yang semakin besar. Salah satu wilayah yang langganan terkena banjir adalah Kabupaten Serang, khususnya yang berada di sepanjang aliran sungai Ciujung dan Cidurian. Pada Tahun 2013 terdapat 20 Kecamatan dari 29 Kecamatan di Kabupaten Serang yang rawan banjir.

Fenomena banjir di Kabupaten Serang ini memerlukan penanganan secara cepat, tepat dan terpadu. Dengan mempelajari daerah hulu air yang mengalir di Sungai Ciujung dan Cidurian, mempelajari daerah aliran sungai tersebut di 20 (dua puluh) kecamatan di Kabupaten Serang dan mempelajari perilaku masyarakat di sekitarnya, diharapkan mampu memberi Read more..

Eksplorasi Panas Bumi ..

Untung Sumotarto

Title
:Eksplorasi Panas Bumi
Author
:Untung Sumotarto;

Abstract :

Untuk melakukan kegiatan eksplorasi energi panas bumi perlu pemahaman yang mendalam tentang berbagai metode survei yang mencoba memahami  sifat dan daya dasar penyebab dan pembentuk bumi sebagai sumber energi panas bumi. Untuk mampu menjalankan kegiatan eksplorasi panas bumi yang memberikan hasil yang optimum, perlu dipahami beberapa dasar pemahaman geologi sumber daya energi panas bumi yang akan digunakan juga untuk keperluan hidup manusia. Buku ini akan menguraikan berbagai aspek yang diterapkan dan digunakan dalam kegiatan-kegiatan survei dengan metode masing-masing kegiatan survei.

Read more..



Berita Terkini BPPT