Login here
Username

Password

Login as : or librarian

Forgotten password?
Welcome to BPPT library

BPPT library offers public and internal members during open hours. We also offers searching, photocopy, CD-Rom, online catalog, and hotspot service.

Contact us

Perjalanan Sosiologis Revolusi ..

Paulus Wirutomo

Title
:Perjalanan Sosiologis Revolusi Mental
Author
:Paulus Wirutomo;

Abstract :

Tujuan paling utama dari pembangunan sosial-budaya adalah masyarakat inklusif yaitu semua anggota masyarakat mempunyai hak dan kesempatan yang sama untuk mendapatkan sumber-sumber yang memungkinkan mereka berpartisipasi sebagai warga masyarakat secara pantas.  Buku ini lebih lanjut membahas : Pembangunan Sosial Jokowi; Mencari bentuk Indonesia baru; Pembangunan berbasis nilai; Revolusi mental; Peran dunia usaha dlam Revolusi Mental serta Pelaksanaan revousi mental. Read more..

Merajut Indonesia Inklusif ..

Ahmad Zainul Hamdi (Editor)

Title
:Merajut Indonesia Inklusif
Author
:Ahmad Zainul Hamdi (Editor);

Abstract :

Inklusi sosial bisa dimaknai sebagai situasi atau tindakan yang membuat semua orang dalam masyarakat merasa dihargai dan penting. Inklusi sosial sering digunakan untuk menjelaskan keadaan sebaliknya dari eksklusi sosial. Inklusi sosial biasanya merupakan hasil dari tindakan positif untuk mengubah lingkungan dan tindakan yang selama ini mengeksklusi individu atau kelompok tertentu. Buku ini berisi 9 artikel tentang inklusi sosial antara lain : Inklusi sosial : Pengalaman dari lapangan; Me(di)rangkul Dayak Losarang ; Kisah sukses rekognisi sosial dari Desa Krimn, Indramayu; Kaharingan Rubung Buyung : Dari pengakuan hingga soal kependudukan; Menjahir kain yang terkoyak : Perdamaian Muslim - Hindu di Desa Oi Bura, Tambora, NTT , dll. Read more..

Indeks Capaian Revolusi Mental ..

Bayu Priyo Jatmiko (et. all)

Title
:Indeks Capaian Revolusi Mental 2018
Author
:Bayu Priyo Jatmiko (et. all);

Abstract :

Buku Indeks Capaian Revolusi Mental (ICRM) ini merupakan pengukuran  yang  dipersiapkan sebagai langkah awal mengefektifkan pencapaian sasaran Prioritas Nasional yang terkait dengan Revolusi Mental dan Pembangunan Kebudayaan sebagaimana  yang tertuang dalam rancangan RPJMN 2020-2024 yaitu untuk menguatkan mental karakter bangsa dalam rangka mewujudkan pembangunan manusia dan kebudayaan sehingga terinternalisasi dalam sistem pebangunan yang secara sistemik dan menjadi pembudayaan dalam perilaku sehari-hari terutama dalam sistem pendidikan, tata kelola pemerintah, sistem sosial, dan pembudayaan ekonomi kerakyatan berdasarkan Pancasila. Read more..

Teknologi Maritim & Teknologi ..

Indroyono Soesilo

Title
:Teknologi Maritim & Teknologi Pertahanan Indonesia (Edisi ke 3)
Author
:Indroyono Soesilo;

Abstract :

Artikel-artikel di buku ini merupakan bunga-rampai tulisan-tulisan yang pernah muncul di Rubrik Teknologi Pertahanan Majalah Sains Indonesia, yang mengkaji perkembangan Iptek kemaritiman dan Iptek pertahanan di Tanah Air pada kurun satu dekade terakhir. Dari hari ke hari , kemandirian Alutsista Indonesia semakin tampak dan meyakinkan. Sebagai negara besar, Indonesia mutlak harus memiliki industri pertahanan  yang unggul. TNI kita telah memanfaatkan senjata otomatis SS-1, SS-2, SS-3 buatan Indonesia. Panser Anoa berikut variannya  digunakan oleh batalyon-batalyon infantri mekanis TNI AD,  produk alutsita matra laut muncul melalui kapal induk  mini jenis Landing Platform Dock karya PT PAL Surabaya. Produk alutsita matra udara muncul lewat pesawat-pesawat NC-212; NC-235; dan hasil pengembangannya CN-295. untuk jenis helikopter, muncul produk baru berupa heli serang Cougar yang merupakan hasil pengembangan helikopter Super Puma yang dibangun PT Dirgantara Indonesia. Read more..

Fundamental Animasi berbasis H ..

Eko Prabowo Heru Kumianto

Title
:Fundamental Animasi berbasis HTML5
Author
:Eko Prabowo Heru Kumianto;

Abstract :

Buku ini menjelaskan tentang detil [pengetahuan yang diperlukan sebelum membuat animasi dengan elemen canvas HTML5 dan JavaScript. Dimulai dari konsep animasi, lingkungan pemrograman yang dibutuhkan, perangkat gambar canvas dan trigonometri canvas. Read more..

Menjadikan Canvas semakin hidu ..

Eko Prabowo Heru Kumianto

Title
:Menjadikan Canvas semakin hidup dengan animasi
Author
:Eko Prabowo Heru Kumianto;

Abstract :

Pada umumnya animasi digital diciptakan dengan menggambar obyek dalam beberapa ragam keadaan, meletakkannya pada frame-frame berdasarkan urutan kejadian dalam rentang waktu tertentu. Motion atau kesan gerak akan timbul ketika barisan frame tersebut dijalanjan. Teknik ini memiliki keunggulan terutama dari segi kecepatan dalam menampilkan gambar. Namun, dari segi penghematan ruang penimpanan bisa saja menjadi tidak terkendali. Bagaimana jika obyek yang disimpan kompleks atau animasi berdurasi panjang? Read more..

BJH (Bacharuddin Jusuf Habibie ..

Andi Makmur Makka

Title
:BJH (Bacharuddin Jusuf Habibie) : Kisah hidup dan kariernya
Author
:Andi Makmur Makka;

Abstract :

Buku ini ditulis dalam rangka memperingati ulang tahun ke 51 Prof. Dr. Ing B.J. Habibie  tahun 1987. Buku terdiri atas 17 Bab dengan perincian sebagai berikut : Bab 1 Pengantar Penulis; Bab 2 Saya hanya memberi getaran; Bab 3 Lamakasa; Bab 4. Masa kecil di Pare-Pare; Bab 5 Menjadi mahasiswa di Bandung; Bab 6 Menjadi mahasiswa di Aachen; Bab 7 Seminar PPI; Bab 8 terlentang di kamar mayat;  Bab 9 Mempersunting gadis pilihan; Bab 10 Pahit getir di rantau; Bab 11 Meniti karier;  Bab 12 Meniti Karier  Bab 13.Kembali ke Tanah Air; Bab 14. Menaiki jenjang karier ; Bab 15 Menunaikan ibadah Haji ; Bab 16 Sebuah gaya kepemimpinan ; Bab 17 BJH dimata orang lain. Read more..

Menjaga Ibu Pertiwi & Bapak An ..

Chappy Hakim

Title
:Menjaga Ibu Pertiwi & Bapak Angkasa : Membangun Pertahanan Keamanan Negara
Author
:Chappy Hakim;

Abstract :

Penulisan buku ini bertujuan memberikan gambaran umum tentang pertahanan keamanan negara dalam arti luas agar mudah dipahami masyarakat awam. Selama ini, generasi muda Indonesia belum memperoleh pemahaman yang baik tentang wawasan kebangsaan. termasuk mengenai kewajiban bela negara dan wajib militer, serta pengertian-pengertian yang berhubungan dengan pertahanan keamanan negara, dan angkatan perang. Read more..

Dari Segara ke Angkasa , dari ..

Chappy Hakim

Title
:Dari Segara ke Angkasa , dari Prajurit Udara ke Penulis dan Guru
Author
:Chappy Hakim;

Abstract :

Dari Segara ke Angkasa , dari Prajurit Udara ke Penulis dan Guru  adalah sumbangan cerita Chappy Hakim tentang jejak hidupnya. Kepala Staf TNI Angkatan Udara 2002 - 2005 ini bukan hanya bercerita untuk anak dan cucunya, tetapi untuk seluruh anak cucu bangsa Indonesia.  Sumbangan cerita yang ia harapkan dapat menjadi dorongan semangat untuk anak-anak muda mencintai udara, mencintai dirgantara. Seperti yang selalu diucapkannya, "nenek Moyangku orang pelaut, tetapi anak cucuku adalah insan dirgantara". Read more..

Defence & Aviation : Menjaga K ..

Chappy Hakim

Title
:Defence & Aviation : Menjaga Kedaulatan Negara di Udara
Author
:Chappy Hakim;

Abstract :

Chappy Hakim telah melekat dalam dunia dirgantara di Indonesia. Tak hanya karena pernah menjadi orang nomor satu di Angkatan Udara Indonesia, tetapi terlebih karena passion-nya yang tak pernah lepas dari kedirgantaraan Indonesia. Melalui kolom-kolomnya di kompas.com, mantan Kepala Staf TNI AU ini konsisten menyuarakan keprihatinannya tentang kedirgantaraan di Indonesia.  Baginya, kedirgantaraan pertama-tama merupakan soal kedaulatan dan kebanggaan sebagai sebuah bangsa, bahkan persoalan  keamanan nasional. Karena itu, tak pernah jemu ia sarankan agar Indonesia berdaulat atas wilayah udaranya sendiri. Di berbagai kolom dan kesempatan, ia mengingatkan perlunya perencanaan dan pembagian yang jelas antara penerbangan  sipil dan militer.  Ia juga mengingatkan perlunya kedisiplinan. Alasannya, dunia penerbangan berhubungan dengan teknologi tinggi yang mensyaratkan kedisiplinan dan zero tollerance terhadap kesalahan. Read more..

Penegakan kedaulatan negara di ..

Chappy Hakim

Title
:Penegakan kedaulatan negara di udara : Airways di atas alur laut Kepulauan Nusantara
Author
:Chappy Hakim; Supri Abu;

Abstract :

Pada 3  Juli 2003, mencuat "kasus Bawean". Ada lima pesawat F18 yang terbang dari Kapal Induk Amerika Serikat , Carl Vinson, yang berlayar pada Alur laut Kepulauan Indonesia (ALKI), berada di sekitar Pulau Bawean dalam rangka pengamanan kapal induk. Pesawat tersebut terbang dan melakukan berbagai manuver. karena pesawat tersebut tidak memiliki izin dan tidak berkomunikasi sebagaimana yang diatur dalam ketentuan penerbangan, dua pesawat F16-TNI AU terbang dari Lanud Iswahyudi Madiun untuk melaksanakan identifikasi. Dua pesawat tempur saling berhadapan tanpa komunikasi hingga hampir terjadi pertempuran. untungnya, para pilt tersebut melaksanakan prosedur identifikasi secara benar dan pesawat F18 kembali ke kapal induk dengan aman.  Kasus tersebut hanyalah bagian kecil dari perbedaan tafsir soal rute udara di atas ALKI yang terdapat dalam Convention on International Civil Aviation. Secara khusus, dalam PAsal 53 terkait pesawat militer yang berbunyi, "Penerbangan secara normal Read more..

Iptek Untuk Indonesia Sejahter ..

Iding Chaidir

Title
:Iptek Untuk Indonesia Sejahtera, Berdaulat & Bermartabat : Buku Bunga Rampai Pemikiran Anggota Dewan Riset Nasional 2014
Author
:Iding Chaidir; Suyanto Pawiroharsono;

Abstract :

Read more..

Kebijakan Riset - Iptek - Inov ..

Iding Chaidir

Title
:Kebijakan Riset - Iptek - Inovasi Menuju Bangsa yang Berdaya Saing
Author
:Iding Chaidir; Syarif Budiman;

Abstract :

Read more..

Riset untuk Keunggulan & Daya ..

Iding Chaidir

Title
:Riset untuk Keunggulan & Daya Saing Bangsa : Bunga Rampai Pemikran Dewan Riset Nasional 2012
Author
:Iding Chaidir; Suyanto Pawiroharsono;

Abstract :

  Read more..

Riset untuk Keunggulan & Daya ..

Iding Chaidir

Title
:Riset untuk Keunggulan & Daya Saing Bangsa : Dewan Riset Nasional 2013
Author
:Iding Chaidir; Suyanto Pawiroharsono;

Abstract :

Read more..

Portofolio Pusat Pelayanan Tek ..

Pusat Pelayanan Teknologi / BPPT Enjineering

Title
:Portofolio Pusat Pelayanan Teknologi BPPT
Author
:Pusat Pelayanan Teknologi / BPPT Enjineering;

Abstract :

Read more..

Executive Summary Kongres Tekn ..

Unggul Priyanto

Title
:Executive Summary Kongres Teknologi Nasional 2018 : Strategi Implementasi Kebijakan Nasional Untuk Mendukung Kemandirian Teknologi
Author
:Unggul Priyanto;

Abstract :

Kongres Teknolgi Nasional (KTN) 2018 difokuskan pada 3 (tiga) bidang teknologi, yaitu teknologi industri pertahanan dan keamanan, teknologi kebencanaan dan teknologi material. Di bidang  teknologi industri pertahanan dan keamanan akan dilaksanakan penyerahan desain standar Kapal Cepat Rudal (KCR),bidang teknologi kebencanaan akan diluncurkan outlook teknologi kebencanaan, sedangkan bidang teknologi material akan grand launching outlook teknologi material menuju industri 4.0. Read more..

Buku Pedoman Taman Vertikal Mo ..

Titin Handayani

Title
:Buku Pedoman Taman Vertikal Model Filoremediasi Polusi udara
Author
:Titin Handayani;

Abstract :

Taman Vertikal adalah sebuah alternatif baru bagi siapa saja yang ingin memiliki taman tetapi tidak memiliki lahan luas. Taman Vertikal dikenal juga dengan beberapa istilah seperti taman tegak, vertical garden, green wall dan lain-lain. Inilah salah satu alternatif terbaik untuk membuat kebun mini tanpa  harus mengganggu area-area penting didalam rumah. Taman vertikal pada dasarnya adalah taman yang disusun atau dibangun pada bidang yang posisinya tegak lurus dengan tanah. Secara umum, teknik penanamannya sangat mirip dengan tanaman hidroponik yaitu tidak memerlukan tanah sebagai media tanamnya. Tujuan daripada pembuatan buku ini adalah dalam rangka partisipasi dalam pemikiran untuk memanfaatkan teknologi yang sesuai untuk menyelesaikan masalah penghijauan pada lahan yang semakin sempit. Read more..

Prosiding Seminar Inovasi Tekn ..

Adiarso

Title
:Prosiding Seminar Inovasi Teknologi untuk Mendukung Kemandirian Energi Nasional
Editor
:Adiarso; M.Sidik Boedoyo;

Abstract :

Prosiding ini merupakan kumpulan makalah yang disampaikan pada Seminar Inovasi Teknologi untuk Mendukung Kemandirian Energi Nasional yang diselenggarakan oleh Pusat Teknologi Sumberdaya Energi dan Industri Kimia (PTSEIK), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) pada hari Selasa tanggal 20 Desember 2016 di Gedung 625, Klaster Energi, Puspiptek, Tangerang Selatan. Topik yang dibahas dalam seminar meliputi semua hal yang berkaitan dengan inovasi teknologi energi, seperti : (1) Model, Perencanaan dan Kebijakan Energi, (2) Pengembangan Teknologi Energi Fosil, dan (3) Pengembangan Teknologi Energi Baru Terbarukan.   Prosiding berisi 24 makalah yang secara garis besar dapat dirangkum berikut ini. Pertama, dibahas prospek pengembangan energi primer untuk memenuhi kebutuhan energi. Energi primer yang dibahas meliput energi fosil seperti batubara, minyak dan gas bumi dan juga energi baru terbarukan. Pembangkit Read more..

Menteri-Menteri Agama Republik ..

Taufik Abdullah

Title
:Menteri-Menteri Agama Republik Indonesia (Biografi Sosial-Politik)
Author
:Taufik Abdullah; Azyumardi Azra; Saiful Umam;

Abstract :

Buku ini berhasil merekonstruksi dengan baik derap langkah, kiprah, dan terobosan pada Menteri Agama Republik Indonesia dari tahun 1945  hingga era Dr. dr. H. Tarmizi Taher (17 Maret 1993 - 14 Maret 1998). kehadiran buku ini menjadi sangat penting, selain sebagai bahan referensi untuk memperkaya khazanah keilmuan, buku ini juga menyuguhkan sederet jejak peristiwa-peristiwa penting Menteri-Menteri Agama RI dalam mendarmabaktikan jiwa-raga dan pikirannya di Kementerian Agama. Read more..

Learning Laravel 5 Building Pr ..

Nathan Wu

Title
:Learning Laravel 5 Building Practical Applications
Author
:Nathan Wu;

Abstract :

Learning Laravel 5 : Building Practical Applications is the easiest way to learn web development using Lavarel. Throuughout 5 chapters, instructor Nathan Wu will teach you how to build many realworld applications from scrath. This bestseller is also completely about you. It has been structured very carefully, teaching you all you need to know from installing your Laravel 5 app to deploying it to a live server. Read more..

Pengolahan Sampah Sistem Terma ..

Arif Dwi Santoso

Title
:Pengolahan Sampah Sistem Termal Ramah Lingkungan
Author
:Arif Dwi Santoso; Wahyu Purwanta; Rudi Nugroho;

Abstract :

Buku bunga rampai ini merupakan rangkuman review dan kisi-kisi teknis pengolahan sampah dengan sistim termal sebagai pendukung operasional unit pembangkit listrik tenaga sampah (PLTSa). PLTSa merupakan program strategis nasional untuk memusnahkan sampah dalam jumlah yang besar, cepat dan terkontrol. Pada pelaksanaan operasional PLTSa, banyak tahapan teknis yang membutuhkan perhatian dan penanganan yang lebih baik. Buku terdiri dari 7 bab  dengan perincian sebagai berikut : ; Prolog : Pengolahan Sampah dengan Proses termal, mungkinkah ?;  Teknologi Pengolahan Sampah Berbasis Masyarakat dengan Fokus Penanganan Sampah di rumah Tangga; Metode Pengambilan Sampel dan Karakteristik Sampah Perkotaan ; Rancangan Pengurangan Kadar Air Sampah sebagai Upaya untuk Meningkatkan Nilai Kalor Melalui Teknologi Biodrying ;  Penggunan Flue Gas Quencher untuk mencegah Pembentukan kembali Dioksin pada PLTSa ; Pengembangan Model Dispersi Gas dan Partikulat dalam Sistem Informasi Dispersi A Read more..

Bunga Rampai Inovasi Teknologi ..

Arif Dwi Santoso

Title
:Bunga Rampai Inovasi Teknologi Lingkungan Dalam peningkatan Kualitas Lingkungan
Author
:Arif Dwi Santoso; Titin Handayani; Rudi Nugroho;

Abstract :

Buku ini berisi kumpulan inovasi teknologi lingkungan yang telah diterapkan oeh Pusat Teknologi Lingkungan BPPT , buku terdiri atas 10 Bab  dan berisi  : Prolog; Kelayanan aspek lingkungan Abiotik pemilihan lokasi Pelabuhan Wisata Marina di Kabupaten Belitung ;Bioremediasi tanah tercemar minyak bumi dari penambangan minyak rakyat dengan teknik Biopile kapasitas 2 ton ; Studi besaran baku mutu emisi gas buang pada Pembangkit Listrik  tenaga Diesel (PLTD) di Indonesia; Penambahan parameter organik dan inovasi sistem pembersih sensor pada sistem online Monitoring kualitas Air ;  Kajian dampak lingkungan rencana pengerukan alur sungai (Studi Kasus Sungai Kutai Lama Kabupaten Kutai Kartanegara ;  Kaji terap desain unit pengolahan air siap minum skala perkantoran ; Pengolahan air tanah menjadi air siap minum menggunakan ultrafiltrasi dan osmosis balik di air hitam ; Pengelolaan limbah cair industri (Studi kasus Kawasan Industri Tunas Baru Lampung ) serta Epilog. Read more..

Teknologi Maritim & Teknologi ..

Indroyono Soesilo

Title
:Teknologi Maritim & Teknologi Pertahanan Indonesia
Author
:Indroyono Soesilo;

Abstract :

Sebagai negara besar, Indonesia mutlak harus memiliki industri pertahanan yang andal. Dedikasi dan keuletan para insinyur dan ilmuwan Indonesia untuk terus berkarya dan berinovasi mengembangkan teknologi pertahanan di dalam negeri patut diacungi jempol. Dari aspek teknologi pertahanan, memang tampak tingkat kecanggihan peralatan utama sistem persenjataan (Alutsista) karya Anak Bangsa. Ribuan prajurit TNI berbaris menyandang senjata otomatis SS-1, SS-2, SS-3 dengan berbagai variannya, bahkan ada pula yang menyandang senapan runduk SPR dan senapan mesin SM serta pistol G. Kesemuanya adalah produk PT Pindad Bandung. Panser-panser Anoa  buatan dalam negeri , beserta variannya, di antaranya panser Anoa jenis ampfibi, juga telah memperkuat  batalyon-batalyon infanteri mekanis TNI AD juga pasukan kontingen Garuda dalam  misi-misi Pasukan Penjaga Perdamaian PBB di lima benua. Kemampuan rancang bangun Alutsita dalam negeri terus ditingkatkan hingga muncul panser berkanon 105 m Read more..

Panduan Sistem Inovasi dalam k ..

Atang Sulaeman

Title
:Panduan Sistem Inovasi dalam kerangka penguatan Sistem inovasi Daerah
Author
:Atang Sulaeman; Iwan Sudrajat;

Abstract :

Pengembangan sistem inovasi daerah merupakan kunci bagi peningkatan daya saing dan kohesi sosial daerah, yang pada gilirannya merupakan tumpuan yang semaikin menentukan bagi keberhasilan upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat yang semakin tinggi da semakin adil Sejalan dengan ini, maka penguatan  sistem inovasi daerah merupakan langkah yang dinilai pentingagar daerah dapat mencapai tujuan pengembangan sistem inovasi daerah secara efektif, efisien dan terarah serta terencana.   Sesuai dengan hakekatnya sebagai suatu pendekatan sistem, penguatan sistem inovasi daerah pada dasarnya merupakan sebuah pendekatan pembangunan kolaboratif yang dilakukan secara sistemis dan holistik. Oleh karena itu, untuk mencapai keberhasilan dari pendekatan ini diperlukan adanya kepeloporan (leadership)  kepala daerah serta keikutsertaan  secara aktif dari berbagai elemen di daerah, yakni pemerintah (eksekutif, legislatif, dan yudikatif), kalangan akademisi, serta kalangan peng Read more..

Outlook Teknologi Pangan 2018 ..

Socia Prihawantoro

Title
:Outlook Teknologi Pangan 2018 : Inisiatif pengembangan industri berbasis sagu, jagung, dan ubi kayu
Author
:Socia Prihawantoro;

Abstract :

Buku Outlook Teknologi Pangan 2018 ini diterbitkan olehPusat Pengkajian lndustri Proses dan Energi, Badan Pengkajian danPenerapan Teknologi (BPPT), sebagai kelanjutan dari Outlook TeknologiPangan yang diterbitkan  sejak tahun  2016, sekaligus   sebagaipertanggungjawaban kepada publik atas kegiatan yang dibiayai oleh anggarannegara.Buku ini memberikan gambaran ringkas mengenai permasalahanpengembangan teknologi untuk menunjang diversifikasi (penganekaragaman)pangan karbohidrat pengganti beras, serta mengangkat bahan pangan lokal.Pembahasan difokuskan pada komoditas pangan sagu, jagung dan ubi kayu.Ketiga komoditas tersebut memiliki sejarah panjang dalam tradisi panganmasyarakat Indonesia. Namun, seiring arus modernisasi dan globalisasi, saatini komoditas pangan tersebut harus bersaing dengan banyak bahan panganyang lain.Di dalam buku ini disampaikan data historis produksi dan kebut Read more..

Outlook Teknologi Kesehatan 20 ..

Adiarso

Title
:Outlook Teknologi Kesehatan 2018 : Inisiatif Pengembangan Teknologi dan Industri Biofarmasi
Author
:Adiarso; Bambang Marwoto;

Abstract :

Buku Outlook Teknologi Kesehatan 2018 ini diterbitkan oleh Pusat Pengkajian Industri Proses dan Energi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), sebagai kelanjutan dari Outlook TeknologiKesehatan yang diterbitkan sejak tahun 2016, sekaligus sebagai pertanggungjawaban kepadapublik atas kegiatan yang dibiayai oleh anggran negara.Buku ini memberikan gambaran ringkas mengenai permasalahan pengembangan teknologidan industri obat-obatan produk biologi atau biofarmasi di Indonesia. Pemilihan produk biologididasari kenyataan bahwa di dunia sedang terjadi pergeseran penggunaan obat dari produk obatkimia menuju produk biologi. Pembahasan difokuskan pada produk biologi berupa vaksin,biosimilar dan sel punca.Isi buku ini diawali dengan gambaran mengenai demografi dan pergeseran pola penyakit diIndonesia. Kemudian, data tentang teknologi, riset, dan industri vaksin, biosimilar dan sel puncadi Indonesia disampaikan termas Read more..

Kultur jaringan : Teori dan pr ..

Netty Widyastuti

Title
:Kultur jaringan : Teori dan praktik perbanyakan tanaman secara in-Vitro
Author
:Netty Widyastuti; Jesicca Deviyanti;

Abstract :

Usaha memperoleh suatu individu baru dari satu sel atau jaringan dikenal sebagai kultur in-vitro atau kultur jaringan. perbanyakan tanaman melalui kultur jaringan merupakan bagian dari bioteknologi yang dikembangkan dalam upaya untuk membantu perbanyakan  tanaman dan mendapatkan bibit ungul dalam waktu yang relatif singkat, khususnya untuk tanaman yang sulit dikembangbiakkan secara generatif.  Bibit yang dihasilkan dari kultur jaringan mempunyai beberapa keunggulan, antara lain mempunyai sifat yang identik dengan induknya, kecepatan tumbuh  bibit lebih cepat, dalam skala besar dapat diperbanyak dalam waktu yang singkat dan tidak terlalu membutuhkan tempat yang luas, kesehatan dan mutu bibit lebih terjamin dibandingkan dengan perbanyakan konvensional.  Buku ini membahas secara lengkap tentang tekni perbanyakan tanaman dengan kultur jaringan yang meliputi pengenalan kultur jaringan, laboratorium, ZPT, media, sterilisasi, teknologi kultur jaringan, mikropropagasi, k Read more..

Manajemen bencana : Pengantar ..

Wignyo Adiyoso

Title
:Manajemen bencana : Pengantar & Isu-isu strategis
Author
:Wignyo Adiyoso;

Abstract :

Takdir  menempatkan Indonesia berada di pertemuan tiga lempeng tektonik, jadi pantas dijuluki super market bencana. Bencana sudah menjadi bagian kesehatian kita.  Frekuensinyapun tak terbilang. Bukan lagi per bulan, hari atau jam.  Tapi bahkan setiap menit dan setiap detik terjadi bencana. Isu bencana  menjadi magnet publik sekaligus tragedi bagi korban bencana. bencana selalu membetot nalar kemanusiaan dan mengetuk pintu niba setiap insan.  Meskipun  informasi bencana bertebaran, sayangnya di  Indonesia  masih sedikit buku tentang manajemen  kebencanaan secara lengkap, komprehensif dan mengkaitkan dengan isu-isu strategis kebencanaan yang melingkupinya.  Buku ini berisi : Konsep, pengertian dan dimensi-dimensi bencana; Karakteristik dan jenis ancaman bencana; Konsep risk assessment dan risk management; Konsep risk perception and risk communication; kebijakan dan strategi nasional manajemen bencana;  Siklus manajemen bencana (mi Read more..

Gelombang Transformasi Teknolo ..

Agus Supriyanto

Title
:Gelombang Transformasi Teknologi Nasional : 5 Windu Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi berinovasi
Author
:Agus Supriyanto; Ardi Matutu Pongtularan;

Abstract :

Penyusunan buku ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan  lima windu atau 40 tahun BPPT, 21 Agustus 2018. Pada bagian pendahuluan  berisi mengenai profil BPPT, sejarah singkat perjalanan, mulai sejak  cikal bakalnya ATP (Advance Technology Pertamina ) , visi & misinya, serta peranannya dan analisis pasang surut  perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.  Bagian kedua ringkasan perjalanan yang disusun dalam bentuk informasi grafis tentang peristiwa-peristiwa penting pada setiap periodesasi, para tokoh, gagasan, serta milestone atau pencapaian-pencapaian berupa produk kajian maupun inovasi. Bagian ketiga bercerita mengenai peran para aktor utamanya mulai dari founding father BPPT, Prof. Dr. Ing B. J. Habibie, hinga era Kepala BPPT yang dipimpin Dr. Ir. Unggul Priyanto, M.Sc. Bagian keempat merangkum berbagai pandangan  dari para pelaku dan pemangku kepentingan BPPT mengenai lesson learned Read more..

Peluang investasi di kawasan a ..

Alkadri

Title
:Peluang investasi di kawasan andalan Tolitoli
Author
:Alkadri; Hamid;

Abstract :

Hingga kini masih banyak investor yang enggan menanamkan modalnya di daerah-daerah yang dianggap kurang memiliki infrastruktur wilayah yang memadai  dan banyak peraturan daerah yang tidak investment friendly. Padahal peluang investasi di daerah-daerah seperti itu sangat banyak. Buku ini berupaya mengungkap berbagai peluang investasi di Kawasan Andalan Tolitoli, sebuah wilayah strategis di belahan utara Provinsi Sulawesi Tengah. peluang investasi yang diungkap tidak hanya di sektor pertanian, melainkan juga untuk pembangunan  pembangkit tenaga listrik dan pengembangan elabuhan laut. Buku ini juga mengemukakan berbagai insentif yang bisa ditawarkan oeh pengelola Kawasan Andalan Tolitoli sebagai salah satu daya tarik bagi investor, selain keuntungan dari berinvestasi. Read more..

Pemberdayaan Ekonomi Masyaraka ..

Atang Sulaeman

Title
:Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Penataan Wajah Kota dan Pengembangan Industri Kreatif Melalui Sistem Inovasi Daerah di Kota Salatiga
Author
:Atang Sulaeman; Ermawan Darma S.; Retno Herwati;

Abstract :

Penguatan Sistem Inovasi Daerah (SIDa) merupakan salah satu pendekatan yang kita gunakan untuk mempercepat dan meningkatkan kualitas pencapaian target-target pembangunan Kota Salatiga. Dalam melaksanakan penguatan sistem inovasi ini, diperlukan adanya komitmen, konsistensi, dan kesungguhan dari seluruh jajaran birokrasi, akademisi, bisnis dan masyarakat (ABG+C) di Kota Salatiga. Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui penataan wajah kota dan pengembangan industri kreatif melalui Sistem Inovasi Daerah di kota Salatiga diharapkan akan membawa kesejahteran  masyarakat. Read more..

Pengkajian Standar Operasional ..

Jaizuluddin Mahmud

Title
:Pengkajian Standar Operasional Prosedur Pusat Inovasi ST2P Pelalawan
Author
:Jaizuluddin Mahmud; Dudi Iskandar;

Abstract :

Pusat Inovasi Sekolah Tinggi Teknologi Pelalawan (PI-ST2P) mempunyai tugas utama melakukan inkubasi tenant hingga menjadi Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT). Unit ini lahir tahun 2016 atas kerjasama antara Kedeputian Pengkajian Kebijakan Teknologi (PKT) BPPT  dengan ST2P. Sebagai lembaga baru, PI-ST2P memerlukan banyak penguatan antara lain dokumen Standar Operasional Prosedur (SOP) yang menjadi pedoman dalam melakukan proses inkubasi. Buku ini disusun dalam rangka memperkaya data dan informasi bagi PI-ST2P dalam menyusun SOP. Read more..

Merajut langkah pengabdian dal ..

Iskendar

Title
:Merajut langkah pengabdian dalam penerapan teknologi maritim nasional
Author
:Iskendar; Muhajirin;

Abstract :

Dengan filosofi “bermula di hilir dan berakhir di hulu“ para perekayasa BPPTmelakukan alih teknologi dengan melahirkan inovasi teknologi yang bernilaitambah. Demikian halnya dengan Perekayasa Utama BPPT Dr. Ir. Iskendar, MS.sejak tahun 1982 menekuni perekayasaan teknologi di bidang Maritimkhususnya bidang teknologi perkapalan .Ketua tim pengembang prototipe kapal bertiang tinggi Kapal Layar Motor(KLM) Maruta Jaya 900 yang di desain sebagai kapal pengangkut barangberkapasitas 900 ton DWT pada saat itu menjadi teknologi alternatif untukmengatasi mahalnya bahan bakar minyak .Ketua program pengembangan kapal bersayap WiSE yaitu kapal bersayapberpenumpang 8 orang yang terbang diketinggian sekitar 2 – 2,5 m di ataspermukaan air dengan kecepatan maksimal 60 knot dengan lama terbang 6jam. Kapal ini dirancang untuk menjadi kapal penghubung pulau-pulauterpencil di Indon Read more..

Outlook Energi Indonesia 2018 ..

Yudiartono

Title
:Outlook Energi Indonesia 2018 : Energi Berkelanjutan untuk Transportasi Darat
Author
:Yudiartono;

Abstract :

Indonesia’s economy in the last 5 years continues to improve along with the consistent infrastructure development that focuseson equitable distribution. The Government maintains the momentum of economic improvement by continuing to promotesustainable development. Transportation infrastructure is one aspect that gets the Government’s attention to progress further.The development of transportation system leads to the development of mass transportation modes for urban areas, thedevelopment of national rail networks, as well as modes integration and network integration to airports.BPPT as a government agency that conducts assessment and application of technology in Indonesia is committed to pushforward the advance of national development through technological innovation. One form of BPPT’s contribution in supportinggovernment programs is the publication of Outlook Energy Indonesia. BPPT’s Outlook Energy Indonesia has been Read more..



Berita Terkini BPPT